10 March 2020, 23:30 WIB

BUMN Bidik 275 Ribu Peserta Program Mudik Gratis Tahun Ini


MI | Ekonomi

KEMENTERIAN Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali menggelar program Mudik Gratis untuk kelima kalinya sebagai perwujudan agent of development.

Tahun ini, Jasa Raharja ditunjuk sebagai Satuan Tugas (Satgas) oleh Kementeria BUMN yang didukung dengan 106 anggota perusahaan BUMN yang mana tahun sebelumnya hanya dikuti 104 BUMN.

Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Budi Rahardjo mengatakan target pemudik tahun ini meningkat 10% dibanding tahun kemarin.

“Tahun ini targetnya 275 ribu orang atau meningkat 10% dibanding tahun lalu  yang 250 ribu orang,” ungkap Budi  di Kementerian BUMN Jakarta, Selasa (10/3).

Akan ada empat moda transfortasi yang dapat dipilih masyarakat, mulai dari bus, kereta api, kapal laut dan pesawat udara yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Pendaftarannya  dapat dilakukan  melalui situs mudikbumn.co,id. Mudik kali ini juga menyediakan 83 titik keberangkatan di seluruh Indonesia.

PT Jamkrindo (Persero), sebagai salah satu peserta program,  menyediakan tiket untuk  1.800 pemudik menuju beberapa kota di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi menggunakan moda transportasi bus, kereta api, dan kapal.  

Direktur Utama Jamkrindo Randi Anto mengatakan beberapa kota yang menjadi tujuan mudik antara lain Yogyakarta, Semarang, Padang, Madiun, Purbalingga, dan Bojonegoro,. Jamkrindo juga memfasilitasi mudik dengan kereta api Tawang Jaya rute Jakarta-Semarang.

“Melalui program tersebut, kami berharap dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang  akan mudik ke kampung halaman dengan selamat bahagia,” kata Randi Anto dalam siaran persnya.  Tahun ini Jamkrindo ditunjuk sebagai PIC Mudik untuk Provinsi Gorontalo.

Mudik gratis BUMN tahun ini merupakan program mudik ketiga kalinya yang dilaksanakan Jamkrindo. Pada tahun lalu, Jamkrindo memberangkatkan 1.700 peserta mudik, sedangkan pada 2018 1300 pemudik.

“Harapannya mudik tahun ini bisa berjalan lancar, dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” ujar Randi.(E-1)

BERITA TERKAIT