10 March 2020, 18:58 WIB

Bertambah 8, Kasus Positif Virus Korona di Indonesia Jadi 27


Dhika Kusuma Winata | Humaniora

PEMERINTAH mengumumkan tambahan pasien positif korona di Indonesia sebanyak delapan kasus. Jumlah itu menambah daftar pasien positif yang saat ini total berjumlah 27 kasus. Dari delapan kasus tambahan, dua di antaranya merupakan warga asing atau WNA.

"Konfirmasi positif tambahan sebanyak delapan kasus dari nomor kasus 20 sampai 27," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/3).

Pasien dengan kode kasus 20 merupakan perempuan berusia 70 tahun. Pasien tersebut diketahui berkaitan dengan bagian dari kasus subklaster Jakarta yang bersumber dari kelompok dansa. Kemudian pasien kasus 21 ialah perempuan 47 tahun yang juga berkaitan dengan subklaster Jakarta.

"Kemudian pasien dengan kode 22, perempuan 36 tahun. Ini imported case (penularan di luar negeri). Berikutnya pasien dengan kode 23 yakni perempuan, 73 tahun. Pasien ini juga imported case, kondisinya saat ini sedang menggunakan ventilator oksigen karena faktor komorbid (penyakit penyerta) namun kondisinya stabil," imbuh Yurianto.

Baca juga : 6 Pasien Positif Covid-19 di RSPI dalam Kondisi Stabil

Selanjutnya pasien kasus 24 ialah laki-laki berusia 46 tahun. Yurianto mengatakan kasus 24 merupakan imported case.

"Kemudian berikutnya pasien dengan kode 25 yakni perempuan 53 tahun. Dia seorang WNA, imported case, namun kondisinya stabil. Pasien kasus 26 juga WNA, laki-laki 46 tahun. Ini juga imported case, kondisinya stabil," imbuh Yurianto.

"Kemudian pasien kasus 27, yakni laki-laki berusia 33 tahun. Dia WNI kondisinya stabil. Kami menduga ini local transmision (penularan lokal) yang sedang kami tracking dari mana sumbernya karena bukan import case dan tidak jelas karena bukan bagian dari klaster," tukas Yurianto. (OL-7)

BERITA TERKAIT