10 March 2020, 18:11 WIB

RSUP Sardjito Rawat Satu Pasien Baru Suspect COVID-19


Ardi Teristi | Nusantara


RSUP Sardjito, Yogyakarta merawat pasien baru yang masuk dalam kategori pengawasan suspect COVID-19. Pasien tersebut berkelamin laki-laki. Usianya sekitar 3 tahun.

"Hingga detik ini tidak ada pasien yang terinfeksi virus korona di RSUP Sardjito. Pasien anak yang masuk pengawasan sekarang sedang diperiksa dan sedang menunggu hasil lab dari Litbangkes," ujar Plh Dirut RSUP Sardjito, Rukmono Siswishanto.

Baca juga: Pasien Meninggal di RS Sardjito Diduga Kena Serangan Jantung

Kepala Poli Anak RSUP Sardjito, Amalia Setyati menjelaskan anak tersebut masuk dalam pengawasan karena dari tanggal 27 Februari-3 Maret berkunjung ke Depok, Jawa Barat. Setelah kembali ke Yogyakarta, pasien tersebut mengalami, batuk, pilek, demam, dan sesak nafas.

"Di Depok, pasien tidak ada kontak dengan pasien positid COVID-19," katanya. Namun, karena di Depok ada pasien yang sudah positif COVID-19, pasien anak yang mengalami gejala batuk, pilek, demam, dan sesak nafas llau dimasukkan dalam kategori pengawasan.

Sambil menunggu hasil uji sampel dari Litbangkes, RSUP Sardjito merawat pasien anak hasil rujukan dari PKU Muhammadiyah Yogyakarta tersebut di
ruang isolasi dan diberi obat antibiotik.

Saat ini, kondisi pasien sudah tidak demam dan nafasnya sudah tidak cepat, atau 36 kali per menit. Pernafasan terbilang cepat kalau dalam semenit di atas 40 kali.

Sebelumnya, RSUP Sardjito juga telah merawat tujuh pasien yang masuk dalam pengawasan Covid-19. Ketujuh pasien tersebut dinyatakan negatif COVID-19. (OL-14)

BERITA TERKAIT