10 March 2020, 17:40 WIB

Warga Tiga Desa di Ciamis Keracunan Jamur Liar


Adi Kristiadi | Nusantara

PULUHAN warga di tiga desa, yakni Desa Kawali, Linggapura dan Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilarikan ke rumah sakit umum daerah (RSUD) Ciamis, setelah mereka mengalami keracunan seusai makan jamur liar yang tumbuh di areal perkebunan.

"Sebelum keracunan terjadi, awalnya tujuh warga menebang kayu yang berada di Desa Kawali Senin (9/3). Saat istirahat, mereka melihat jamur yang tumbuh disebuah tebing mengambilnya. Terkumpul satu karung dan jamur tersebut dibagikan kepada warga lain yang memintanya untuk dimasak," kata Kepala Desa Kawali Ismail Marjuki, Selasa (10/3).

Usai memakan jamur tersebut, jelas Ismail, warga mengalami pusing, mual, muntah dan diare. Sebagian dari mereka berupaya mengobatinya dengan minum susu hingga kelapa muda.  Namun, ada 14 warga yang kritis dilarikannya ke RSUD Ciamis untuk mendapatkan perawatan. Petugas kesehatan juga sudah mengambil sample jamur yang belum dimasak.

"Kami akan berupaya memantau para korban dan meminta agar pemerintah daerah menggratiskan pengobatan pasien. Terutama yang mendapat perawatan di RSUD. Karena, ini musibah. Saya juga langsung melakukan sosialisasi kepada warga jika menemukan jamur yang tidak dikenal agar jangan diambil mungkin itu beracun," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Korban Keracunan Ikan Tongkol Bertambah jadi 199 Orang

Baca Juga: Dua Warga Purwakarta Tewas Diduga Keracunan Gas dalam Sumur

BERITA TERKAIT