10 March 2020, 16:50 WIB

Satu PDP Covid-19 Diperbolehkan Pulang dari RSPI Sulianti Saroso


Atalya Puspa | Humaniora

RSPI Sulianti Saroso menyatakan telah memulangkan satu pasien dalam pengawasan (PDP) virus novel korona (COVID-19). Pasalnya berdasarkan hasil pemeriksaan, pasien tersebut telah dinyatakan negatif COVID-19.

"Kemarin kita ada 10 pasien dirawat, 1 sudah pulang semalam dan tidak ada pasien lagi, sehingga pasien total dirawat ada 9 orang," kata Direktur Medik, Keperawatan dan Penunjang RSPI Sulianti Saroso, Dyani Kusumowardhani di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Selasa (10/3).

Baca juga: Cegah Tangkal Covid-19

Dyani menambahkan bahwa PDP tersebut merupakan WNI laki-laki yang memiliki riwayat kontak dengan pasien 01 positif COVID-19. PDP tersebut dikategorikan sehat dan boleh meninggalkan rumah sakit apabila hasil tes swab sebanyak dua kali menyatakan negatif COVID-19. Selain itu, PDP juga tidak mengalami gejala yang mengindikasikan adanya COVID-19 seperti demam, batuk, dan flu.

"Pasien dinyatakan sehat dan aman boleh pulang kalau pemeriksaan dinyatakan negatif, tidak ada keluhan apa-apa dan pasien aman dipulangkan," ujarnya.

Diketahui, hingga saat ini RSPI Sulianti Saroso tengah merawat sebanyak 9 pasien di ruang isolasi. Dari 9 pasien, 6 di antaranya positif COVID-19, dan 3 lainnya masih masuk dalam kategori PDP. (OL-14)

BERITA TERKAIT