10 March 2020, 15:06 WIB

Mudik Gratis BUMN Ditargetkan Angkut 275 Ribu Pemudik


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Megapolitan

JELANG dua bulan perayaan Hari Raya Idul Fitri, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali menggelar program Mudik Gratis untuk kelima kalinya sebagai perwujudan agent of development.

Tahun ini, Jasa Raharja ditunjuk sebagai Satuan Tugas (Satgas) oleh Kementeria BUMN yang didukung dengan 106 anggota perusahaan BUMN yang mana tahun sebelumnya hanya dikuti 104 BUMN.

Baca juga: Ada Dugaan Korupsi, Program DP Rp0 Anies Diselidiki

Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Budi Rahardjo mengatakan target pemudik tahun ini meningkat 10% dibanding tahun kemarin. 

"Tahun 2020 target mencapai 275 ribu orang atau meningkat 10% dibanding tahun 2019 yang hanya 250 ribu orang," ungkap Budi dalam acara Ngobrol Pagi Seputar BUMN yang diadakan di Gedung Synergy 8 Komplek Kementerian BUMN Jakarta, Selasa (10/3).

Ia mengatakan, tujuan adanya mudik gratis ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya yakni selain memfasilitasi masyarakat dan memberikan kepastian keberangatan dengan mudah, nyaman, dan aman, juga meminimalisir resiko kecelakaan lalu lintas serta menggerakan tingkat ekonomi di daerah.

Ada empat moda transfortasi yang dapat dipilih masyarakat, mulai dari bus, kereta api, kapal laut dan pesawat udara yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Sementara itu, perusahaan BUMN yang menghandle pun akan bermacam-macam seperti transportasi bus oleh Damri, Kapal Laut oleh Pelni dan ASDP, kereta api oleh PT. KAI dan pesawat udara oleh Garuda Indonesia dan atribut pemudik oleh Sarinah.

Pendaftarannya, kata Budi, telah dilaksanakan mulai 7 Februari silam via daring melalui situs mudikbumn.co,id dan juga bisa dilakukan cara luring. Kali ini, ada 83 titik keberangkatan di seluruh Indonesia.

Baca juga: Jual Masker Sitaan, Polres Jakut Raih Dana Rp26 Miliar

"Ada 83 titik kota keberangkatan yang terdiri dari 25 di Pulau Jawa dan 58 di Luar Jawa dengan 109 kota terdiri dari 59 di Pulau Jawa dan 50 di Luar Jawa," ungkapnya lagi.

Program Mudik Gratis ini rencananya akan dilaksanakan Flag Off moda bus pada tanggal 19 Mei 2020 atau H-6 di Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta. (OL-6)

BERITA TERKAIT