10 March 2020, 14:50 WIB

Penambahan Hari Libur 2020 tak akan Ganggu Pelayanan Publik


Rifaldi Putra Irianto | Humaniora

MENTERI Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan perubahaan libur dan cuti bersama tahun 2020 tidak akan menganggu pelayanan publik di setiap instansi pemerintahan lembaga.

"Saya kira dalam konteks Aparatur Sipil Negara (ASN) kementerian lembaga dan daerah, pasti tidak akan menganggu layanan publik," kata Tjahjo saat ditemui di Kantor Kemenpan-RB, Jakarta, Selasa (10/3).

Baca juga: Kabar Baik! Dua Pasien Positif Korona Hasil Tesnya sudah Negatif

Ia pun mengaku, pembahasan mengenai perubahan libur dan cuti bersama sudah dirapatkan dengan baik serta melibatkan seluruh pemangku kepentingan.

"Keputusan ini sudah kita rapatkan, kita sudah merapatkan hadir dari kemenaker serta kementerian lembaga lainnya, 2 setengah jam loh kita rapat kemarin hanya untuk menambah 4 hari itu saja," tuturnya.

Disisi lain, saat ditanya apakah penambahan libur ini terkait dengan perkembangan virus Covid-19 di Jakarta, Tjahjo menegaskan tidak ada sangkutpautnya.

"Ngga ada ngga ada, kalau anda lihat SKB yang tahun kemarin itu juga sama. Kalau kita lihat kalau Jumat itu kan hari kejepit daripada yang bersangkutan (pegawai) tidak masuk, lebih baik diliburkan," tuturnya.

Baca juga: Tebarkan #PerempuanBisaSemua di Hari Perempuan Internasional

Ia juga menyebutkan dalam rapat tersebut, pemerintah juga sudah melibatkan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) untuk melihat dampak dari perubahan libur dan cuti 2020.

"Sudah dilibatkan kok seluruh pemangku kepentingan, ada Kadin diminta pendapat Apindo juga sudah diminta pendapat, " ucapnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT