10 March 2020, 13:55 WIB

Polda Kalsel Raih Penghargaan Ombudsman


Denny Susanto | Nusantara

POLDA Kalimantan Selatan meraih penghargaan Ombudsman di bidang pelayanan publik yang responsif, inovatif dan pioner sepanjang 2019. Selain Polda Kalsel, Ombudsman Perwakilan Provinsi Kalsel juga mengapresiasi kinerja Pemerintah Daerah, Kepolisian dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalsel terhadap pelayanan publik. Penghargaan atau apresiasi diberikan dalam rangka HUT Ombudsman RI ke-20 yang diselenggarakan oleh Ombudsman Perwakilan Provinsi Kalsel, di Plaza Smart City Menara Pandang tepi Sungai Martapura Kota Banjarmasin, Selasa (10/3).

Penyelenggara pelayanan publik yang meraih penghargaan diantaranya Polda Kalsel, Pemko Banjarmasin, Pemko Banjarbaru, Polres Banjarbaru, Kabupaten Barito Kuala, Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Banjarmasin, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kalsel, Kantor Pertanahan Kota Banjarmasin, Kantor Pertanahan Kabupaten Tabalong, serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tapin.

ketua Ombudsman RI Provinsi Kalsel, Nurhalis Majid mengatakan Ombudsman memiliki wewenang untuk mengevaluasi kinerja pemerintah dalam hal penyelenggaraan pelayanan publik. Hal itu sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang 25/2009.

"Apresiasi ini kami berikan setelah kami melihat langsung ke lapangan, langkah-langkah yang telah diambil oleh pemerintah daerah dan instansi lainnya," katanya.

baca juga: BNN Jambi Bekuk Penyelundup 4,9 Kg Sabu Solmi | Nusantara

Piagam penghargaan kepada Polda Kalsel diterima Dirlantas Polda Kalsel Kombes Andi Azis Nizar atas Respon Pengaduan Layanan Kepolisian Tercepat. Sementara Polres Banjarbaru diterima oleh Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso, atas Inovasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Kapolda Kalsel Irjen Yazid Fanani,  mengucapkan terimakasih atas penilaian capaian kinerja Polda Kalsel dan jajaran ini. Piagam penghargaan ini milik seluruh anggota Polri di Kalsel.

"Dengan keberhasilan dalam penyelenggaraan pelayanan publik 2019 ini akan kami jadikan semangat untuk bertugas dan bekerja lebih baik, profesional modern demi meningkatkan kepercayaan, terutama dalam melayani masyarakat," ungkapnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT