10 March 2020, 13:30 WIB

FIFA akan Tinjau Stadion Piala Dunia U-20 2021 Pekan Depan


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

KETUA Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan delegasi FIFA direncanakan ke Indonesia pada 20 atau 22 Maret 2020 mendatang untuk meninjau langsung venue Piala Dunia U-20 2021.

Sebelumnya, FIFA dijadwalkan ke Indonesia pada 10 Maret, namun merebaknya wabah virus korona baru atau Covid-19 membuat FIFA menunda kedatangan itu.

"Hasil koordinasi terakhir antara tanggal 20/22 rencana FIFA dua hari akan hadir," kata Iwan, ketika ditemui di Kemenpora, Selasa (10/3).

Meski FIFA menunda kedatangannya, Iwan mengatakan pihaknya telah mengirimkan berkas yang berisi 11 stadion yang ditawarkan untuk menghelat Piala Dunia U-20 2021.

Namun, Iwan mengaku akan lebih baik jika FIFA melihat secara langsung stadion dan fasilitas penunjang yang ada. Sehingga, FIFA memiliki gambaran penuh terhadap enam stadion yang dipilih nantinya.

"Kami ingin mereka melihat dengan konkret dengan fakta di lapangan berkaitan dengan venue yang akan ditunjuk," kata Iwan.

Ia berharap FIFA bisa merealisasikan kedatangannya pada kali ini dan sesegera mungkin mengeluarkan bersama soal enam stadion yang ditunjuk. Sehingga, pemerintah bisa menindaklanjuti dengan melakukan perbaikan atau renovasi terhadap fasilitas stadion yang belum memenuhi standar FIFA.

"Kita akan menetapkan segera pembangunan, renovasi atau revitalisasi bagi venue yang sesuai standar FIFA," kata Iwan.

Seperti diketahui, PSSI telah mengajukan 11 stadion kepada FIFA. Di antaranya, Stadion Utama Gelora Bung Karno (DKI Jakarta), Stadion Patriot Candrabhaga (Kota Bekasi), Stadion Pakansari (Kabupaten Bogor), Stadion Wibawa Mukti (Kabupaten Bekasi), dan Stadion Si Jalak Harupat (Bandung).

Selain itu, ada juga Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Utama Riau (Pekanbaru). (Faj/OL-09)

BERITA TERKAIT