10 March 2020, 13:08 WIB

Jokowi Terima Kunjungan Raja Willem dan Ratu Maxima


Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum

PRESIDEN Joko Widodo menerima Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3) .

Dalam kesempatan itu, Jokowi menegaskan hubungan Indonesia-Belanda kian erat dan saling menghormati satu sama lain.

Jokowi menyatakan Indonesia memiliki komitmen kuat untuk memperkokoh hubungan bilateral dengan Belanda melalui sebuah hubungan yang saling menghormati kedaulatan, integritas, wilayah, saling menghormati dan saling menguntungkan.

"Kunjungan baginda akan dicatat sejarah sebagai kunjungan yang bersahabat, produktif, menatap masa depan, tanpa harus melupakan sejarah masa lalu," ucap Jokowi di Istana Bogor, Selasa (10/3).

Baca juga: Wapres Ingatkan Dai bukan Hakim

Iring-iringan kendaraan yang membawa Raja dan Ratu Belanda itu tiba sekitar pukul 10.20 WIB. Sejumlah anak-anak yang mengenakan pakaian adat dan membawa bendera Indonesia dan Belanda menyambut kedatangan Raja Willem dan Ratu Maxima.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana menyambut Raja dan Ratu Belanda saat keduanya turun dari mobil.

Dalam prosesi penyambutan, turut dilakukan mendengarkan lagu kebangsaan kedua negara, upacara jajar pasukan, dan penembakan meriam.

Jokowi juga sempat mengajak Raja dan Ratu berbincang-bincang di beranda istana (veranda talk), kemudian dilakukan penanaman pohon. Acara dilanjutkan dengan pertemuan bilateral yang turut diikuti para menteri kedua negara.

Sebelumnya, Raja Willem dan Ratu Maxima juga sempat mengunjungi Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Keduanya turut menaruh karangan bunga di depan tugu monumen TMP Kalibata dan melakukan penghormatan mengheningkan cipta diiringi lagu Gugur Bunga.

Menurut catatan, kunjungan kenegaraan terakhir Kerajaan Belanda dilakukan pada 1995 oleh Ratu Beatrix. Kala itu, Willem-Alexander turut mendampingi Ratu Beatrix sebagai Putra Mahkota.

Raja dan Ratu Belanda dijadwalkan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia hingga 13 Maret mendatang. Menurut rencana, keduanya juga akan berkunjung Yogyakarta, Palangkaraya, dan Danau Toba. (OL-1)

BERITA TERKAIT