10 March 2020, 12:39 WIB

Perempuan Harus Kreatif dan Jangan Takut Berkarya


Bayu Anggoro | Nusantara

HARI Perempuan Internasional yang diperingati setiap 8 Maret harus menjadi pemicu dalam menghasilkan karya dan kreativitas. Anggapan yang menyebut kaum hawa hanya bergelut dalam urusan rumah tangga bisa terus dikikis dengan berbagai peran yang diemban.

Hal ini terus dibuktikan oleh sejumlah perempuan di Indonesia, salah satunya Direktur Utama Dana Pensiun Bank bjb Sofi Suryasnia. Bankir yang satu ini sadar betul dengan pentingnya kaum hawa untuk tetap berkarya tanpa meninggalkan kodrat sebagai perempuan.

"Perempuan perlu berkarya  namun tidak meninggalkan kodratnya sebagai perempuan yang memiliki naluri untuk mendampingi suami dan mengasuh anak-anaknya," kata Sofi saat ditemui di Bandung, Selasa (10/3).

Takdirnya sebagai seorang perempuan tak menghalangi tekad alumnus Universitas Padjajaran ini untuk menekuni profesi yang diinginkannya.

"Perempuan jangan takut untuk berkarya. Kita perempuan yang sudah mengenyam pendidikan tinggi maupun yang tidak sempat melanjutkan sekolah, dapat tetap berkarya, baik di rumah maupun berkarier di manapun tempatnya, sesuai dengan minat dan bakat kita," kata perempuan yang juga aktif di Ikatan Saraja Ekonomi Indonesia (ISEI) dan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) ini.

baca juga: Bulog Perluas Segmentasi Penjualan Lewat Toko Online

Menurut dia, karya yang diberikan harus menjadi terobosan bagi lingkungan sekitar, terutama perusahaan tempat bekerja. Disinggung semangat kesetaraan dengan laki-laki, dia tidak menampik. Namun, menurutnya hal ini tidak perlu diiringi dengan  membanding-bandingkan perempuan dengan laki-laki.

"Tuhan telah memberikan yang terbaik dari sisi perempuan, yang terbaik juga dari sisi laki-laki. Yang pasti berjuang bersama untuk  menuju tujuan yang sama," katanya. (OL-3)

BERITA TERKAIT