10 March 2020, 12:31 WIB

Biden Berharap Lanjutkan Momentum di Michigan


Nur Aivanni | Internasional

CALON Presiden Amerika Serikat (AS) yang sedang naik daun, Joe Biden, meminta para pemilih di Michigan, Senin (9/3) waktu setempat, untuk membantu mendukung kepemimpinannya atas saingannya Bernie Sanders.

"Michigan, saya sangat mengandalkanmu!" kata Biden kepada orang banyak yang bersorak-sorai di sebuah sekolah menengah kulit hitam di Detroit, dikutip dari AFP, Selasa (10/3).

Michigan adalah target utama dengan jumlah delegasi terbesar yang dipertaruhkan di antara enam negara bagian.

Sebelumnya, mantan Wakil Presiden AS itu banjir dukungan dari beberapa mantan saingannya dalam nominasi Demokrat, termasuk dua senator Afrika-Amerika yang terkemuka yaitu Senator New Jersey Cory Booker dan Senator California Kamala Harris. Keduanya disebut-sebut menjadi kandidat wakil presiden untuk Biden.

Baca juga: AS Mulai Tarik Pasukan dari Afghanistan

Dalam kampanye Biden di Flint, Booker mengatakan Michigan bisa menjadi titik balik kampanye bagi Biden.

Kemudian di Detroit, ia meminta kepada warga Michigan untuk turut dalam pemungutan suara pada Selasa (10/3) dan membantu mengamankan kemenangan Biden.

"Kita tidak bisa berdoa dia menang, kita tidak bisa berharap dia menang, kita tidak bisa berharap dia menang. Kita harus memilih dia," kata Booker.

Dalam kamoanye tersebut juga dihadiri oleh Harris dan Gubernur Michigan Gretchen Whitmer.

"Wall Street tidak membangun Amerika, kalian bangun Amerika," kata Biden. "Serikat pekerja membangun kelas menengah."

Di sisi lain, Sanders juga berkampanye di Detroit pada Senin (9/3) dan mengadakan pertemuan meja bundar dengan para pakar tentang virus korona yang telah menewaskan sedikitnya 26 orang di AS dan membuat pasar saham anjlok.

Sanders mengkritik penanganan Trump terhadap krisis tersebut.

"Pernyataan sembrono Presiden membingungkan orang-orang di negara ini dan di seluruh dunia," katanya.

Sementara itu, pada rapat umum di Detroit, Biden tidak menyebutkan mengenai virus korona, tetapi kampanyenya menyediakan beberapa botol pembersih tangan untuk peserta.

Dalam jajak pendapat terbaru untuk Michigan, Biden unggul antara 15 dan 20 poin. Jajak pendapat Missouri terbaru, Biden unggul hampir 19 poin, sementara ia memimpin dari Sanders dengan selisih dua poin yang tipis di Washington.

Di Detroit, pemilih Dwight Harris, seorang advokat reformasi penjara yang berusia 51 tahun, mengatakan Biden telah mendapatkan suaranya.

"Orang-orang lebih mencari persatuan dan komunitas dan bekerja bersama dan beragam," kata Harris kepada AFP. "Dan saya pikir Joe Biden adalah tentang keberagaman." (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT