10 March 2020, 11:15 WIB

Israel Berlakukan Karantina 14 Hari Bagi Semua Pendatang


Nur Aivanni | Internasional

SETIAP orang yang tiba di Israel harus melakukan karantina sendiri selama 14 hari untuk mencegah penyebaran virus korona. Demikian disampaikan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, dikutip dari BBC, Selasa (10/3).

"Semua yang datang ke Israel dari luar negeri akan ditempatkan dalam isolasi," katanya dalam video yang diunggah di Twitter.

Menteri Dalam Negeri Israel Aryeh Deri mengatakan langkah itu akan segera berlaku untuk semua warga Israel yang kembali ke negara itu. Langkah tersebut akan berlaku untuk warga asing mulai Kamis (12/3).

Kedatangan warga asing di Israel nantinya harus membuktikan bahwa mereka memiliki akomodasi yang memadai untuk dikarantina selama mereka tinggal di negara itu.

Baca juga: Tiongkok dan Korsel Buktikan Virus Korona Bisa Dikendalikan

"Setelah satu hari diskusi yang kompleks, kami membuat keputusan: setiap orang yang datang ke Israel dari luar negeri akan memasuki isolasi selama 14 hari," kata Netanyahu dalam sebuah pernyataan.

"Ini adalah keputusan yang sulit, tetapi sangat penting untuk menjaga kesehatan masyarakat dan kesehatan masyarakat mendahului segalanya," tambahnya.

Keputusan karantina tersebut berarti akan ada sekitar 268.000 warga Israel yang saat ini berada di luar negeri mengarantina diri mereka sendiri setelah kembali, kata media Israel.

Israel yang merupakan negara dengan populasi sekitar 9 juta sejauh ini mencatat 42 kasus Covid-19, tetapi tidak ada kematian.

Negara tersebut telah memberlakukan pembatasan pada turis yang datang dari beberapa negara termasuk Italia, negara Eropa yang paling terpukul akibat virus korona. (BBC/OL-1)

BERITA TERKAIT