10 March 2020, 09:50 WIB

Banjarmasin Menjaga Kekayaan Sasirangan


(DY/JS/N-2) | Nusantara

BANJARMASIN Sasirangan Festival 2020 merupakan upaya Wali Kota Ibnu Sina untuk melestarikan dan mempromosikan kain sasirangan khas suku Banjar. Tahun ini, festival keempat itu menghasilkan transaksi senilai Rp1 miliar.

Festival digelar di dua lokasi, yakni Duta Mall dan siring Menara Pandang, di tepi Sungai Martapura. Festival ditutup dengan Karnaval Sasirangan dan penetapan ambasador sasirangan.

"Banjarmasin Sasirangan Festival 2020 cukup berhasil dan mendapat sambutan luar biasa. Selama 5 hari pelaksanaannya, nilai transaksi mencapai Rp1 miliar," ujar Ibnu Sina.

Festival juga digelar Pemkab Klaten, Jawa Tengah, guna meningkatkan promosi wisata. Mereka memilih menggelar Festival Desa Wisata dan Lomba Kelompok Sadar Wisata di objek wisata Bukit Sidoguro, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, pada 7-8 Maret.

"Festival diikuti 17 desa dan lomba pokdarwis oleh 13 desa. Peserta menampilkan produk dan karya inovasi unggulan yang dikembangkan, termasuk potensi seni budaya," ujar Plt Kepala Dinas Pariwisata Sri Nugroho. (DY/JS/N-2)

BERITA TERKAIT