10 March 2020, 09:27 WIB

RS Satelit Bentuk Satuan Tugas Korona


(JI/SL/MR/BY/RK/N-2) | Nusantara

KORONA tidak harus membu-at warga Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, menjadi ciut. Meski hanya memiliki rumah sakit satelit, yakni RSUD Suradadi, manajemen rumah sakit sudah menyiapkan satuan tugas korona yang bergerak secara mobile.

Kesiapan tim medis di rumah sakit itu juga terlihat dari simulasi yang dilakukan, kemarin. Mereka menggelar latihan menghadapi kepulangan anak buah kapal dari luar negeri.

"Ini yang pertama di Indo-nesia. Rumah sakit satelit sudah membentuk Satgas Mobile untuk korona," ujar anggota Komisi IX DPR RI, Dewi Aryani, yang berkunjung ke RSUD Suradadi, kemarin.

Kabupaten Tegal banyak mengirim warganya untuk menjadi anak buah kapal di sejumlah negara. Karena itu, tim medis RSUD Suradadi fokus membentuk tim untuk menjaga kemungkinan penjangkitan korona di kalangan anak buah kapal.

Antisipasi positif juga dila-kukan PT Angkasa Pura II yang mengelola Bandara Sultan Thaha Syaefuddin, Jambi. Mereka menyediakan fasilitas bagi penumpang untuk mengecek kesehatan secara mandiri di area check in.

"Kami mengajak penumpang memeriksa diri secara mandiri. Pengelola bandara juga menyediakan perlengkapan hand sanitizer bagi penumpang," papar Eksekutif General Manager Bandara Sultan Thaha, M Hendra Irawan.

Imbauan baik juga diungkapkan Kepala Dinas Bireuen, Aceh, M Nasir. Ia meminta seluruh pelajar di wilayahnya untuk berwudu sebelum mengikuti proses belajar mengajar. "Kami yakin, proses membersihkan diri bisa menjadi salah satu rangkaian upaya mencegah berjangkitnya korona." tambahnya. (JI/SL/MR/BY/RK/N-2)

BERITA TERKAIT