10 March 2020, 09:10 WIB

Calon Berkualitas Jadi Prioritas


Rifaldi Putra Irianto | Politik dan Hukum

KETUA Umum Partai NasDem dan para pengurus harian DPP NasDem bertandang ke Kantor DPP Golkar di Slipi, Jakarta Barat, kemarin. Mereka disambut Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan jajaran pengurus partai beringin. Berbagai isu nasional dibicarakan dalam pertemuan itu. Salah satunya perihal penyelenggaraan pilkada tahun ini yang akan berlangsung serentak di 270 daerah pada 23 September mendatang.

Pada prinsipnya, Golkar dan NasDem ingin pesta demokrasi di daerah memberikan dampak signifikan kepada masyarakat. "Golkar dan NasDem mengupayakan agar sinergi yang dimiliki tetap terjaga sedemikian rupa hingga menghasilkan output, hasil pilkada yang berkualitas," jelas Ketua Umum NasDem Surya Paloh seusai pertemuan.

Calon berkualitas yang dimaksudkan, katanya, antara lain berkapabilitas dan memiliki elektabilitas baik. Juga, gigih dalam berkompetisi dan bermanfaat untuk daerah jika terpilih.

Surya menyebut NasDem dan Golkar baru sekadar membicarakan strategi menuju pilkada. Belum ada pembicaraan terkait dengan Pilpres 2024. "Pemilu 2024 masih jauh, jadi belum ada diskusi-diskusi yang penting," ujarnya.

Ia mengaku terkesan atas sambutan Golkar yang sangat bersahabat dengan NasDem. "Ini merupakan suatu pertemuan yang amat sangat membesarkan hati saya dan seluruh jajaran DPP NasDem," kata Surya.

Golkar, sambungnya, kelihatan sangat mempersiapkan pertemuan itu. Dekorasi hingga hidangan yang disajikan sangat sangat berkesan. "Saya berterima kasih untuk semua sambutan yang luar biasa ini," ucap Surya.

Surya pun menyampaikan bahwa kedua pihak menyepakati beberapa hal terkait meningkatkan sinergi NasDem-Golkar dalam menjalankan kebijakan pemerintahan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. "Kita berharap kebijakan itu bisa teraplikasikan sedemikian rupa dalam pengoperasionalannya di lapangan."

 

Pelukan hangat

Surya dan rombongan datang menggunakan bus. Sekjen NasDem Johnny G Plate, Wakil Ketua Umum Ahmad Ali, Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat, dan tokoh lainnya terlihat mendampingi.

Mereka berhenti di depan gerbang kantor DPP Golkar. Surya yang berjalan menuju kantor Golkar disambut Ketua DPP Golkar Adies Kadir yang terlihat berlari menuju gerbang. Wakil Ketua Komisi III DPR itu langsung menyambut dan mengantar rombongan bertemu Ketua Umum Golkar Airlangga yang sudah menunggu.

Saat bertemu, kedua tokoh itu pun saling melemparkan senyum. Airlangga menghampiri Surya dan langsung memeluk hangat. "Selamat datang kembali Pak Surya, homecoming," kata Airlangga.

Para tokoh yang mendampingi kedua ketua umum partai itu pun melakukan hal serupa dengan suasana yang tidak jauh berbeda. Tak lama kemudian, Airlangga mengajak Surya dan rombongan menuju aula pertemuan.

Airlangga memamerkan persiapan yang sudah dilakukan pihaknya dalam menyambut pertemuan itu. Salah satunya spanduk besar yang memajang foto kedua tokoh dan bertuliskan, 'Partai Golkar dan NasDem Bersama untuk Indonesia Maju'.

"Kami juga memasang bendera NasDem bersama Golkar," ungkap Airlangga sambil menunjukkan beberapa bendera NasDem yang dipasang di pohon sekitar jalan menuju aula pertemuan. (Pro/P-3)

BERITA TERKAIT