10 March 2020, 07:58 WIB

Satu WNI di Melbourne Positif Virus Korona


Marcheilla Ariesta | Internasional

MENTERI Luar Negeri Retno Marsudi mengonfirmasi pasien positif virus korona (covid-19) di Melbourne adalah warga negara Indonesia. Informasi ini didapat dari Duta Besar Australia di Indonesia.

"Diperoleh informasi bahwa beliau WNI, tapi pemegang permanent resident," kata Menlu Retno di Jakarta, Senin (9/3).

Retno mengaku akan terus mencari informasi lebih banyak terkait hal ini. Pemerintah Indonesia menghormati hak kerahasiaan (privacy act) yang dijalankan Australia.

"Tetapi, kalau beliau WNI, berarti beliau harus paham bahwa sewaktu-waktu beliau memerlukan bantuan, ada perwakilan kita yang siap membantu," kata dia.

Baca juga: WHO: Virus Korona Menjadi Pandemi Nyata

Sebelumnya, media Australia, The Age dan ABC News, melaporkan seorang perempuan berusia 50 tahun menjadi pasien ke-12 yang dikonfirmasi positif terjangkit virus korona. Perempuan tersebut dilaporkan terbang dari Jakarta ke Perth pada 27 Februari dengan kondisi sehat.

Namun, dua hari kemudian, ketika dia bermalam di Perth, perempuan tersebut menunjukkan gejala terjangkit virus tersebut.

Dia disebut tiba di Melbourne dari Perth dengan maskapai Virgin Airlines nomor penerbangan VA682 pada Senin (2/3).

Empat hari lalu, dia diminta tes covid-19. Setelah melalui serangkaian tes, pada Sabtu (7/3) malam, perempuan tersebut dikonfirmasi positif terjangkit virus korona. (OL-1)

BERITA TERKAIT