10 March 2020, 00:03 WIB

Piloxing, Gabungkan Tiga Aktivitas Olahraga untuk Tubuh Ideal


Rahmatul Fajri | Olahraga

OLAHRAGA menjadi kebutuhan yang penting dilakukan oleh manusia untuk membuat tubuh sehat. Berbagai jenis aktivitas olahraga, seperti kardio, latihan kekuatan, dan fleksibilitas bisa membuat tubuh manusia menjadi lebih bugar.

Namun, ada satu jenis olahraga yang menggabungkan ketiganya, yakni piloxing. Jenis olahraga ini bisa menjadi jawaban untuk membentuk tubuh ideal.

Instruktur profesional Piloxing Sistya Nindyasari mengatakan piloxing merupakan olahraga menyasar tubuh bagian atas dan bawah dengan menggabungkan 3 jenis gerakan sekaligus, yakni pilates, boxing, dan dance.

"Base exercise-nya aerobik, tapi dengan adanya variasi tambahan di dalamnya, ini memberi manfaat lebih bagi tubuh," kata Sistya, usai pengenalan "Sport Utility Wear" oleh Uniqlo di Paradigm Fitness Indonesia, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dengan adanya gerakan tinju, maka tak lengkap jika tidak menggunakan sarung tinju dengan berat 250 gram saat piloxing. Hal itu bisa bermanfaat untuk penguatan lengan.

Baca juga : Persaingan Tetap Ketat walau Momota Absen

Selain itu, piloxing juga akan memberikan pengencangan area perut, otot bokong, tangan, dan kaki, serta melatih keseimbangan tubuh.

Lebih lanjut, Sistya mengatakan aktivitas piloxing bisa dilakukan maksimal 1 jam dengan periode 3 kali dalam seminggu. "Nggak boleh setiap hari juga, nggak bagus nanti malah hasilnya. Ingat, tubuh juga tetap butuh istirahat," terang dia.

Sistya mengatakan untuk pemula, lebih baik mencari instruktur piloxing di pusat kebugaran. Hal itu ketimbang mencari referensi sendiri di kanal youtube.

"Memang harus ada instruktur yang khusus piloxing. Dengan itu, bisa dilihat gerakan kita sudah betul atau tidak. Sehingga, manfaat dari piloxing ini jadi terasa," kata Sistya.

Kegiatan ini juga diikuti artis Dea Ananda. Ia mengatakan selama ativitas olahraga perlu ditunjang oleh outfit yang mendukung.

Baca juga : Pemanasan di Tanah Air

"Kita harus lihat situasi dan kondisi. Saya pribadi ingin memakai baju senyamannya, jangan cuma modelnya lucu lalu dipakai," kata Dea.

Pada kesempatan yang sama Uniqlo memperkenalkan produk pakaian untuk menunjang aktivitas olahraga, yakni sport utility wear. Produk ini menggugulkan kenyamanan dengan desain fungsional dan fashionable.

Kelebihan produk ini menggunakan teknologi Dry-ex yang membuat pakaian mengering dengan cepat.

Koleksi selanjutnya dari kategori Sport Utility Wear Uniqlo adalah AIRism. Kategori ini mengunggulkan material yang sejuk dan lembut. Bahkan, tetap terasa lembut dan tidak lengket saat bersentuhan dengan kulit meskipun saat sedang berkeringat. (OL-7)

BERITA TERKAIT