09 March 2020, 22:20 WIB

Biden-Sanders Berebut Suara Warga Kulit Hitam


MI | Internasional

CALON presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden dan Bernie Sanders, memperoleh dukungan penting dari tokoh kulit hitam terkemuka hanya beberapa hari jelang putaran pemilihan berikutnya.

Senator Kamala Harris, seorang mantan kandidat capres Demokrat yang kemudian mengundurkan diri, mendukung Biden. Sementara Sanders memperoleh dukungan dari pemimpin hak-hak sipil Jesse Jackson.

Kedua kandidat memang bersaing untuk mendapatkan dukungan warga keturunan Afrika-Amerika yang merupakan demografi penting dalam memperebutkan nominasi partai.

Para pemilih di enam negara bagian akan pergi ke tempat pemungutan suara pekan ini, seminggu setelah pemilihan “Super Tuesday” yang secara dramatis membalikkan nasib kedua kandidat itu, yakni Biden memimpin nominasi partai dengan merebut gelar kandidat terdepan dari Sanders. Padahal awalnya Biden sempat tertinggal jauh.

Selain Mississippi maka Missouri, Michigan, Idaho, North Dakota dan negara bagian Washington juga akan memberikan suara mereka pada Selasa (10/3).

Biden melakukannya dengan baik dalam Super Tuesday di negara-negara bagian Selatan dengan populasi kulit hitam yang besar.

Sanders, yang kehilangan 10 dari 14 negara bagian di Super Tuesday, telah membatalkan rencananya untuk berbicara di Mississippi, Missouri dan Illinois. Pasalnya, ia ingin fokus pada pemungutan suara di Michigan.

Jackson mendukung Sanders pada rapat umum di Grand Rapids, Michigan. “Saya mendukung Bernie Sanders hari ini karena dia dulu juga mendukung saya ketika berjuang menjadi kandidat calon presiden Amerika Serikat,” kata Jackson.

“Sanders memiliki peluang lebih baik untuk mengalahkan Trump dibandingkan Biden, Saya pikir banyak pandangannya yang lebih progresif dan itulah yang dicari generasi ini,” kata Sara Long, 25, seorang pendukung Sanders.

Sanders memuji dukungan Jackson dan mengatakan kepada para pendukungnya di rapat umum di Ann Arbor, Michigan, bahwa Jackson adalah salah satu pahlawan sejati Amerika modern. Sanders pun meminta para pendukungnya untuk ambil bagian dalam pemungutan suara.

Sementara itu, Kamala Harris mengatakan mendukung Biden karena percaya Biden bisa menyatukan negara dalam pemilihan penting pada November melawan Donald Trump.

“Saya dengan antusiasme yang besar akan mendukung Joe Biden untuk presiden Amerika Serikat,” katanya dalam sebuah rekaman video yang diunggah ke akun Twitternya.

Delapan mantan kandidat Demokrat lainnya, termasuk Pete Buttigieg, Amy Klobuchar dan Beto O’Rourke, sebelumnya telah berbaris mendukung Biden.

Biden kemudian mencuit ucapan terima kasihnya kepada Harris dan mengatakan, “Kamu telah menghabiskan seluruh karirmu untuk orang-orang yang telah dihapuskan dan ditinggalkan,” katanya. (AFP/Nur/Hym/X-11)

BERITA TERKAIT