09 March 2020, 16:41 WIB

Gerindra: Ahok Penuhi Syarat Kepemimpinan Badan Otorita


Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum

BASUKI Tjahaja Purnama alias Ahok masuk dalam bursa calon Kepala Badan Otorita Ibu Kota Baru. Meski banyak yang mengkritik, anggota DPR RI dari Partai Gerindra, Kamrussamad, menilai Ahok memiliki kriteria yang pas untuk memimpin lembaga khusus tersebut.

"Ahok memenuhi syarat kalau dari segi strong leader, kemampuan mengeksekusi terhadap sebuah program," ujar Kamrussamad di Kompleks Parlemen, Senin (9/3).

Lebih lanjut, dia mengatakan Komisi XI DPR RI telah berdialog dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) terkait pemindahan Ibu Kota Negara. DPR dan pemerintah sepakat bahwa diperlukan sosok dengan jiwa kepemimpinan kuat sebagai Kepala Badan Otorita Ibu Kota Baru.

Baca juga: Jokowi Sudah Punya Kandidat Kepala Badan Otorita Ibu Kota Baru

"Strong leader untuk bisa mengeksekusi. Karena waktunya hanya 36 bulan. Anggarannya itu berasal dari tiga skema, yakni APBN, KPBU dan swasta. Itu tidak mudah untuk bisa menjalankan itu semuanya," pungkas Kamrussamad.

Dia menekankan Gerindra tidak akan membawa masalah politik dalam penilaian terhadap calon pemimpin Badan Otorita. Proses pemilihan harus dilakukan secara obyektif dan profesional.

"Kita harus rasional dan obyektif melihatnya. Saya akan mengundang Ahok pada acara dialog warga Jakarta tentang pemindahan Ibu Kota di Kalijodo bersama Kepala Bappenas pada Maret mendatang," katanya. Menurut dia, pemerintah pusat harus mendengarkan aspirasi rakyat, termasuk warga Jakarta terkait pemindahan Ibu Kota Negara.(OL-11)

 

 

BERITA TERKAIT