09 March 2020, 14:21 WIB

Harga Jual Cilandak Town Square Dipatok Sebesar Rp3 Triliun


Despian Nurhidayat | Ekonomi

KEMENTERIAN Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyebut akan mulai melakukan pembayaran terhadap nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) pada akhir Maret 2020. Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyebut, Cilandak Town Square (Citos) akan dijual untuk mendapatkan tambahan dana segar sebesar Rp2-3 triliun.

Menurut dia, pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan tersebut merupakan salah satu aset milik Jiwasraya. Saat ini, lanjutnya, Citos sudah mulai ditawarkan ke berbagai pihak untuk dijual. "Banyak yang minat, kalau aset BUMN kan harus persetujuan DPR," kata Arya di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (9/3).

Baca juga:Anjloknya Harga Minyak Dunia Untungkan Pertamina

Terkait pembayaran tahap pertama terhadap nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero), Arya mengatakan pihaknya juga akan melakukan efisiensi. Yang menjadi target efisiensi ialah kantor-kantor yang sudah tidak lagi dimaksimalkan dan operasionalnya tidak lagi berjalan.

"Artinya, listriknya dan pekerja outsource tidak lagi dibayar,” ungkap Arya.

Arya menambahkan, rencana sub-holding asuransi BUMN untuk membantu gagal bayar Jiwasraya akan tetap dibentuk. Jiwasraya, kata dia, tidak akan masuk dalam sub-holding asuransi.

Menurut dia, aset-aset Jiwasraya kemungkinan bisa dibeli subholding. "Yang pasti Jiwasraya enggak masuk subholding, kemudian juga aset-aset Jiwasraya nanti bisa dibeli subholding. Citos (Mal Cilandak Town Square) juga jual mungkin dijual ke swasta kali ya atau pihak mana ya karena Citos ini aset yang cukup bagus," lanjutnya.

Mantan Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf ini menyebut pembayaran dana nasabah akan direalisasikan setelah rapat Panja Komisi VI dan XI selesai. Rapat panja DPR disebut akan berlangsung sekitar akhir Maret 2020. (Des/A-3)

BERITA TERKAIT