09 March 2020, 13:26 WIB

DPR: Harus Ada Anggaran Khusus untuk Cegah Penyebaran Korona


Putri Rosmalia Octaviyani | Humaniora

WAKIL Ketua DPR, Sufmi Dasco, mengatakan harus ada anggaran khusus untuk memaksimalkan pencegahan virus korona. Dengan begitu penyebaran bisa ditekan dengan lebih maksimal.

"Pemerintah harus terus melakukan sosialisasi tentang pencegahan dan juga saya pikir perlu ada anggaran tersendiri untuk mengatasi penyebaran virus korona. Jadi anggaran yang diploting bukan hanya untuk pencegahan dan dampak ekonomi tapi harus anggaran khusus untuk pencegahan virus korona ini," ujar Dasco, di Gedung DPR, Jakarta, Senin, (9/3).

Dasco mengatakan bagaimanapun pencegahan pencegahan yang sudah dilakukan dan tindakan yang sudah dilakukan berjalan baik.

Namun virus juga harus dibatasi penyebarannya dengan lebih gencar, salah satunya dengan edukasi masyarakat dengan lebih masif. "Supaya tetap waspada penyebaran virus korona ini," ujar Dasco.

Sementara itu, pengamat komunikasi politik, Emrus Sihombing, mengatakan bahwa pengelolaan komunikasi pemerintah soal virus korona terkesan seperti pemadam kebakaran. Penjelasan kerap dilakukan dengan tidak utuh dan menenangkan.

"Ini contoh manajeman dan tindakan komunikasi yang kurang profesional," ujar Emrus.

Ia mengatakan kepanikan dan isu-isu terkait korona sebenarnya bisa diminimalisasi jika pengelolaan komunikasi di Istana Negara, kementerian, dan lembaga pemerintah lainnya dilakukan dengan prinsip-prinsip manajemen komunikasi yang bagus.

"Sayangnya, hal tersebut belum dilakukan dengan baik, maksimal dan profesional oleh para pejabat komunikasi Istana maupun kementerian dan lembaga pemerintah yang terkait," kata Emrus. (OL-09)

BERITA TERKAIT