09 March 2020, 13:13 WIB

Babel-Sumsel Berharap Pembangunan Jembatan Batera Dipercepat


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

PEMPROV Bangka Belitung (Babel) dan Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) berharap pembangunan jembatan menghubungkan Bangka dan Sumatra (Batera) dapat secepatnya terealisasi. Harapan itu, disampaikan Gubernur Provinsi Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman Djohan disela-sela Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di
Novotel Bangka Tengah, Senin (9/3).

Ia mengatakan, kedepannya bersama harus punya langkah strategis seperti memiliki spin off yaitu, Bank Sumsel Babel Syariah. Karena, kehadiran bank yang kuat dibutuhkan untuk membangun negeri, terutama dengan rencana pembangunan Jembatan Bangka- Sumatra (Batera).

"Sekarang sedang gencarnya kami bersama Gubernur Sumsel, mempercepat terhubungnya daratan melalui jembatan Sumatera ke Bangka. Dengan terhubungnya jembatan akan lebih memperkokoh ekonomi kedua pihak dan  akan menjadi rezeki bagi keduanya sehingga semuanya diuntungkan," ungkapnya.

Untuk itu, Gubernur Erzaldi Rosman berharap hasil RUPS betul-betul membawa hasil signifikan dalam membesarkan Bank Sumsel Babel, baik di Sumsel maupun di Babel.

Sementara, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan bahwa Bangka dan Sumsel adalah sesuatu yang tak dapat terpisahkan. Untuk itu ia mengajak Pemprov Babel untuk bersama-sama meyakinkan pemerintah pusat.

"Karena angka ini bukanlah angka yang kecil. Kalau berpikir tentang pertahanan ekonomi dan ternyata kementerian PUPR menyambut ini dengan respons yang sangat baik. Mudah-mudahan bisa menjadi PSN (Proyek Strategis Nasional)," ungkapnya.

Menurutnya untuk pembangunan jembatan sepanjang 13 km, diperkirakan membutuhkan dana senilai Rp.15 triliun.

"Kalau angkanya sudah ketemu Rp15 triliun saat itu," ujarnya.

baca juga: Sultan Yogyakarta: Keraton Yogyakarta Membuka Diri untuk Publik

Mengenai pendanaan pembangunannya, lanjut Herman Deru tergantung dengan keuangan negara, makanya harus menunggu kebijakan Presiden Jokowi.

"Kita berharap, jembatan darat yang menghubungkan Sumsel dan Bangka ini dapat segera terealiasi di periode kedua Presiden Jokowi," harapnya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT