09 March 2020, 12:19 WIB

Biden-Sanders Tuai Dukungan Jelang Putaran Pemilihan Lanjutan


Nur Aivanni | Internasional

CALON presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, yakni Joe Biden dan Bernie Sanders, memperoleh dukungan penting dari pendukung kulit hitam terkemuka. Itu muncul beberapa hari jelang putaran pemilihan berikutnya.

Senator Kamala Harris, mantan kandidat Demokrat, menyatakan dukungan terhadap Biden. Sementara itu, Sanders memperoleh dukungan dari pemimpin hak sipil, Jesse Jackson. Ketika kandidat lawannya bersaing untuk mendapatkan dukungan Afrika-Amerika, sebagai demografi penting dalam merebut nominasi partai.

Para pemilih di enam negara bagian akan mendatangi tempat pemungutan suara pada Selasa (10/3) waktu setempat. Sepekan setelah pemilihan "Super Tuesday", yang secara dramatis membalikkan nasib kedua kandidat. Di mana Biden memimpin nominasi partai, dengan merebut gelar kandidat terdepan dari Sanders.

Baca juga: Facebook Perketat Iklan Kampanye Politik Jelang Pilpres AS

Dalam "Super Tuesday", performa Biden cukup baik di negara-negara bagian Selatan yang mayoritas didiami populasi kulit hitam. Negara bagian serupa seperti Mississippi, juga akan memberikan suara pada Selasa depan. Sejumlah negara bagian, yakni Missouri, Michigan, Idaho, North Dakota dan Washington, dijadwalkan memberikan suara pada 10 Maret.

Sanders, yang putus asa memulai kampanye setelah kehilangan 10 dari 14 negara bagian di Super Tuesday, membatalkan rencana untuk berbicara di Mississippi, Missouri dan Illinois. Sebab, dirinya ingin fokus pada wilayah Michigan.

Jackson mendukung Sanders pada rapat umum di Grand Rapids, Michigan. "Saya berdiri dengan Bernie Sanders hari ini, karena dia bersama saya. Saya juga berdiri bersamanya, karena dia berdiri bersama kalian," pungkas Jackson.

Baca juga: Joe Biden Melaju Jadi Penantang Sanders

Sara Long, warga yang mengikuti rapat umum, menilai Sanders memiliki peluang besar untuk mengalahkan Donald Trump. Menurutnya, generasi sekarang mencari sosok yang memiliki pandangan lebih progresif.

"Sanders memiliki peluang lebih baik untuk mengalahkan Trump dibandingkan Biden," cetus Long.

Di lain sisi, Kamala Harris mendukung Biden lantaran dirinya percaya Biden bisa menyatukan negara, dalam pemilihan penting melawan Trump, yang saat ini menjadi Presiden AS.

"Saya dengan antusiasme besar akan mendukung Joe Biden sebagai Presiden AS," ujar Harris dalam rekaman video yang diunggah dalam akun Twitter. Delapan mantan kandidat Demokrat lainnya, termasuk Pete Buttigieg, Amy Klobuchar dan Beto O'Rourke, juga menyatakan dukungan terhadap Biden.(AFP/OL-11)

BERITA TERKAIT