09 March 2020, 11:30 WIB

Harga Gula Pasir di Palangka Raya Capai Rp16.500/kg


Surya Sriyanti | Nusantara

Sudah dua pekan terakhir harga gula pasir di Palangka Raya meningkat tajam. Jika sebelumnya Rp12.500/kg, kini naik menjadi Rp16.500/kg.

Menurut pedagang gula pasir di Pasar Besar Palangka Raya, Masran kenaikan ini terjadi karena gula baru yang datang juga sudah naik harganya. "Dari pemasok, harganya sudah meningkat, maka kita terpaksa juga menaikkan harga," ujarnya.

Keadaan ini murni, imbuhnya. "Harga memang sudah naik bukan permainan harga," tutur dia.

baca juga: Sulsel Siapkan OP Gula Pasir dan Bawang Putih

Kenaikan harga gula di pasaran diakui Kepala Bidang Pengadaan Operasi Pelayanan Publik Bulog Divre Kalteng Abdul Aziz, di Palangka Raya.
Menurut Abdul, tingginya harga gula di pasaran akibat lambatnya lelang gula pasir untuk Kalteng.

"Selain itu, penyeybabnya adalah karena tingginya harga hasil lelang ditambah ongkos kirim. Maka harga gula pasir di atas Harga Eceran Tertinggi (HET), yakni Rp13 ribu per kg," jelasnya.

Oleh karena itu, Abdul berharap ada kebijakan dari pemerintah agar harga gula bisa turun. "Kami juga minta pedagang jangan mengambil kesempatan dengan menjual dengan harga lebih mahal lagi dari ketentuan," tuturnya.

Banyak warga, termasuk Hernila, menyayangkan kenaikan harga gula yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat. "Kita berharap pemerintah mau menurunkan harga, sehingga masyarakat tidak resah," katanya. (OL-14)

BERITA TERKAIT