09 March 2020, 10:50 WIB

RS Rujukan Pasien Korona Ditambah


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Jumlah rumah sakit (RS) rujukan bagi pasien baik yang sudah terindikasi positif maupun suspect virus korona akan bertambah menjadi delapan RS.

Saat ini baru ada tiga RS rujukan pasien Novel Corona Virus atau COVID-19, yakni RS Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, RSUP Persahabatan, dan RSPAD Gatot Subroto.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ani Ruspitawati menyebut penambahan unit RS ini ditujukan untuk mengantisipasi penambahan jumlah warga yang dipantau atau diawasi terkait virus tersebut.

"Sejauh ini RS rujukan direncanakan ditambah menjadi delapan unit dengan tambahannya, yakni RSUP Fatmawati, RSAL Mintoharjo, RS Bhayangkara, RSUD Cengkareng, dan RSUD Pasar Minggu," kata Ani dalam konferensi pers di Balai Kota, Senin (9/3).

Baca juga: Ini 3 RS Rujukan di Jakarta Bagi Terduga Terinfeksi Virus Korona

Ani juga menjelaskan secara total di delapan RS sudah disediakan 125 ruang isolasi. Menurutnya, jumlah ini cukup memadai sampai dengan saat ini.

"Nanti jika memang ada kebutuhan, tentu akan ditambah. Di RSUD Pasar Minggu sendiri ada empat tempat tidur untuk isolasi," lanjutnya.

Namun demikian, hingga kini, imbuh Ani, dua RSUD milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum mendapat surat keputusan (SK) penunjukan sebagai RS rujukan untuk pasien suspect atau positif virus korona.

"Belum ada SK-nya, tapi sebagai antisipasi kami sudah menyediakan dua RSUD ini sebagai RS rujukan sejak sebulan lalu. Agar nantinya jika sudah ada SK, maka kita siap menerima pasien," tegasnya.

Hingga saat ini sudah ada enam pasien positif virus korona. Dua kasus terbaru baru saja diumumkan kemarin oleh juru bicara Istana Kepresidenan untuk virus korona Achmad Yurianto. Satu dari dua kasus baru positif korona diketahui merupakan pasien yang didapat dari penelusuran pola interaksi atau contact trasser di Jakarta.

 

BERITA TERKAIT