09 March 2020, 08:36 WIB

Blora Kini Punya Perkebunan Anggur


Akhmad Safuan | Nusantara

KABUPATEN Blora, Jawa Tengah menambah satu lagi wahana wisata, sebuah kebun anggur baru saja dibuka di Kelurahan Kunden, Kecamatan Blora Jawa Tengah. Wahana wisata edukasi baru itu berupa 250 pohon anggur dengan 13 varian yang berasal dari Eropa dan Rusia. Letak geografis Kabupaten Blora yang berada di ujung timur Jawa Tengah, berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur tidaklah menguntungkan karena keterbatasan transportasi. Dan 50% masih wilayah hutan.

Untuk meningkatkan pendapatan daerah, Pemkab Blora bersama PT KAI membuka kembali jalur kereta api, dan terakhir adalam revitalisasi Bandara Ngloram.

Kini Pemkab Blora meningkatkan sektor komoditas berupa klaster buah-buahan yang cocok dengan kultur lahan pertanian dan perkebunan di Blora seperti sawo Bangowan, jeruk Tanggel, durian dari Tunjungan, Jaah dan Todanan, jambu kristal, pepaya Kalina, kelengkeng Kateki, melon dan semangka. Dan kini ditambah dengan tanaman anggur ditanam di klaster baru Wisata Edukasi Kebun Anggur Blora Sumber Makmur, yang berlokasi di Kelurahan Kunden, Kecamatan Blora Kota.

Wahana wisata edukasi buah anggur yang baru saja diresmikan Wakil Bupati Blora Arief Rohman tersebut, dirintis oleh seorang petani bernama Agus Jumantoro dengan memanfaatkan lahan milik Setiyono. Tanaman anggur ini memiliki 13 varian tanaman buah anggur yang khusus didatangkan dari daratan Eropa dan Rusia.

"Sudah ada 250 pohon anggur berusia 3,5 sampai 6 bulan yang dibudidayakan di sini. Sudah ada tanaman yang berbuah dan siap dipetik," kata Agus Jumantoro, Minggu (8/3).

Kehadiran perkebunan anggur membuat warga antusias. Umumnya, lanjut Agus masyarakat ingin bertanam anggur yang benar dan bisa dikembangkan di rumah mereka.

Berdasarkan hasil riset dan pengalaman, menurut Agus Jumantoro hasil panen anggur cukup besar. Jika ditanam di dataran tinggi bersuhu dingin akan menghasilkan anggur kurang lebih 15 ton per hektare. Sedangkan di dataran rendah yang bersuhu panas bisa menghasilkan anggur hingga 20 ton per hektare.

Wakil Bupati Blora Arief Rohman usai peresmian obyek wisata edukasi kebun buah anggur mengatakan sangat mengapresiasi kerja keras Agus Jumantoro bersama Setiyono dan tim yang telah gigih mendirikan wahana kebun anggur pertama di Blora ini.

"Ternyata di Blora ini bisa tumbuh anggur dengan baik," kata Wakil Bupati.

baca juga: 41 Anak di Aceh Timur Jalani Operasi Bibir Sumbing Gratis

Dengan adanya kebun anggur semakin menambah ragam produk hortikultura yang ada di Kabupaten Blora.

"Kami inginnya Blora bisa menjadi pusatnya buah lokal Nusantara. Maka kami akan mengajak OPD terkait untuk mencoba mengoptimalkan potensi ini. Karena banyak lahan kosong milik Perhutani di sekitar hutan yang belum dimaksimalkan," ujar Arief Rohman. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT