08 March 2020, 23:45 WIB

Istana: Penanganan Wabah Korona lebih Efektif Dikomandoi Kemenkes


Andhika prasetyo | Humaniora

STAF Khusus Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia menilai penanganan wabah Korona tetap di bawah komando Kementerian Kesehatan. Pasalnya, jelas Angkie, wabah Korona membutuhkan penanganan teknis. Hal itu sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo.

"Kementerian kesehatan adalah representasi negara dan tanggung jawabnya melekat kepada presiden selaku kepala negara," jelas Angkie kepada Media Indonesia, hari ini.

Sejauh ini, menurutnya, seluruh wilayah melalui dinas kesehatan di tiap-tiap pemerintah daerah sangat aktif memberi laporan kepada pusat terkait hal-hal yang berhubungan dengan pencegahan maupun penanganan Covid-19.

"Kami meyakini bahwa Kementerian Kesehatan memiliki sumber daya, baik manusia maupun peralatan, yang terus bekerja maksimal untuk memastikan upaya terbaik dalam pendeteksian dini hingga memberi respon tepat terhadap Covid-19. Semua dilakukan agar Indonesia dapat meredam mewabahnya virus ini," tandas Angkie.

 

baca juga: Wapres Didorong Pimpin Penanganan Wabah Korona

 

Sementara, pendapat berbeda disampaikan pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah.

Ia berpandangan bahwa penanganan virus korona di Indonesia mesti dikomandoi wakil presiden.

Ia beralasan, dengan skema seperti itu, kebijakan yang dimunculkan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 bisa dieksekusi dengan lebih baik.

"Wakil presiden memiliki kekuatan yang lebih besar dan bisa bertanggung jawab penuh atas semua kebijakan yang diambil," ujar Trubus. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT