09 March 2020, 05:40 WIB

Persaingan Tetap Ketat walau Momota Absen


(Ykb/R-3) | Olahraga

PELATIH tunggal putra Indonesia, Hendri Saputra, optimistis anak asuhnya bisa menjuarai ajang All England 2020 yang berlangsung di Arena Birmingham, Inggris, 11-15 Maret.

Pasalnya, All England kali ini dipastikan menghasilkan juara baru di nomor tunggal putra. Itu karena kampiun tahun lalu sekaligus pemain terbaik dunia saat ini, Kento Momota, dipastikan absen lantaran terlibat kecelakaan mobil di Malaysia, Januari kemarin.

Namun, Hendri menilai terlepas ada atau tidaknya seorang Momota, All England yang akan mulai digelar pada Rabu (11/3) akan tetap kompetitif. Ia melihat pemain dari negara lain pun turut memburu gelar prestisius di ajang tertua bulu tangkis itu.

"Jadi, bagi saya oke saja ada atau tidak adanya Momota. Saya ingin anak-anak fokus dan berikan yang terbaik pada All England nanti," ucap Hendri, kemarin. "Bagi saya, lebih enak jika juara ada Momota, tapi sah-sah saja jika juara tanpa Momota," tambahnya.

Tanpa kehadiran pemain asal Jepang itu, Hendri menganggap Anthony Sinisuka Ginting dkk tidak merasa diuntungkan sebab mereka akan melakoni sistem gugur yang artinya kans bertemu dengan lawan yang lebih kuat sangat terbuka. "Kecuali setengah kompetisi mungkin diuntungkan," ucapnya.

Disinggung persiapan, Hendri mengungkapkan seluruh pemainnya sudah berlatih dengan baik. Mereka nanti tinggal menjaga performa dan fokus di lapangan.

Selain Anthony, Indonesia di nomor tunggal putra akan diperkuat Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, serta Tommy Sugiarto. Di babak pertama, Anthony yang jadi unggulan keempat akan berjumpa wakil Denmark, Rasmus Gemke. Sementara itu, Jonatan yang jadi unggulan keenam bakal berjumpa lawan asal Malaysia, Lee Zii Jia. Kemudian, Shesar bertemu Parupalli Kashyap, wakil India. Unggulan ketujuh asal Tiongkok, Shi Yu Qi, menjadi lawan Tommy di babak pertama.

Adapun All England tahun ini tengah diragukan jadi ajang yang seru untuk ditonton karena ada beberapa bintang memastikan tidak bisa ikut hadir.

Selain Momota, juga ada sejumlah pemain asal India yang tidak bisa meramaikan All England. Namun, bukan karena cedera, melainkan karena wabah virus korona. (Ykb/R-3)

BERITA TERKAIT