08 March 2020, 20:30 WIB

Jambi Tawarkan 40 Event Wisata Sepanjang 2020


Solmi | Nusantara

Meskipun dunia sedang dihebohkan isu wabah virus korona, Pemerintah Provinsi Jambi tetap berupaya menggeliatkan kepariwisataan. Bahkan untuk menggoda perhatian wisatawan, domestik maupun mancanegara, sebanyak 40 event kepariwisataan akan digelar di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah, Jambi, sepanjang 2020.

Menurut Pelaksana Kepala Dinas Pariwisata Jambi, Sri Purnama, beberapa di antaranya masuk dalam kalender wisata nasional. Antara lain Festival Kerinci, Festival Sungai Batanghari, Festival Candi Muaro Jambi, Festival Geopark Merangin, Festival Mandi Safar di Pantai Timur Sumatera, dan Tiga Etape Tour de Singkarak.

Selain menjual keindahan objek wisata alam, menurut Sri Purnama, kegiatan Wisata Jambi 2020 yang telah diluncurkan pada Jumat malam pekan lalu itu, kaya dengan suguhan atraksi seni-budaya tradisional menarik yang dibawakan para anak negeri Jambi.

Khusus berkaitan dengan event Tour de Singkarak, dikatakan Siri Purnama, tahun 2020 Jambi ikut ambil bagian lagi. Jika tahun 2019 kebagian dua etape di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh, pada tahun 2020 akan bertambah satu etape lagi, yakni melintasi kawasan wisata di Kabupaten Merangin.

Gubernur Jambi Fachrori Umar berharap, Calendar of Event Provinsi Jambi Tahun 2020 dapat meningkatkan arus kunjungan wisatawan ke Provinsi Jambi, sehingga akan memberikan dampak positif terhadap para pegiat dan pelaku usaha pariwisata di Provinsi Jambi.

"Ini program strategis Pemerintah Provinsi Jambi dalam rangka mempromosikan destinasi wisata. Saya mengharapkan partisipasi aktif dari seluruh komponen masyarakat lebih bersinergi menyukseskannya, sehingga ke depan Jambi bisa menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia," harap Fachrori.

Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Edhi Wardoyo meyakini adanya list event wisata di Jambi bakal menarik perhatian dan memudahkan para wisatawan untuk datang ke Jambi sesuai dengan waktu yang dimiliki.

"Penyelenggaraan berbagai event sangat baik, tetapi mutu sebuah event harus diperhatikan,� kata Edhi di Jambi, Jumat malam (6/3). (SL/OL-10)

BERITA TERKAIT