08 March 2020, 20:27 WIB

Kemlu: 12 WNI Terjangkit Korona di Luar Negeri


tri subarkah | Humaniora

SEBANYAK 12 warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri dinyatakan positif terserang virus korona baru (Covid-19).

"Per detik ini maka jumlah WNI yang terjangkit atau terpapar jumlahnya adalah 12," kata Menteri Luar Negeri Retno saat ditemui di Jakarta, Minggu (8/3).

Menurut retno, para WNI itu tersebar di Jepang, Singapura, dan Taiwan. Dari angka tersebut, lanjut Retno, sebanyak tujuh orang sudah dinyatakan sembuh. Tujuh WNI yang dinyatakan sembuh bermukim di dua negara, yakni enam di Jepang dan satu di Singapura.

"Di Jepang, yang sembuh sudah 6, yang 3 stabil. Kemudian di Singapura ada 2, 1 sembuh, 1 kasus baru. Kemudian di Taiwan ada 1 dalam kondisi stabil," terang Retno.

 

Baca juga: Pemerintah Umumkan Dua Kasus Baru Korona

 

Dalam kesempatan itu, Retno sekaligus mengatakan bahwa potensi seseorang untuk sembuh akibat penyakit yang disebabkan Covid-19 tinggi. Hal itu juga ditentukan oleh penanganan yang cepat.

Oleh sebab itu, pihaknya terus memantau perkembangan WNI di luar negeri. Misalnya seperti satu kasus baru di Singapura pada Sabtu (7/3).

"Baru-baru ini dari Singapura ada muncul klaster baru, klaster Jurong. Kemudian ada beberapa yang confirm positif. Dari yang beberapa tersebut satu di antaranya ada dari Indonesia," terang Retno.

Retno menyebut sudah Covid-19 telah menyebar ke 93 negara. Lima di antaranya merupakan negara baru yang mengonfirmasi kasus pertamanya, yakni Kolombia, Vatikan, Peru, Serbia dan Togo merupakan negara baru.

"Total confirm disease seluruh dunia sudah melebihi 100 ribu, tepatnya adalah 101.927, sebagian besar ada di Tiongkok sekitar 80.813. Sementara di luar Tiongkok 21.110," mantan Dubes RI untuk Belanda itu. (OL-8)

BERITA TERKAIT