08 March 2020, 18:00 WIB

Batal ke Australia, Lalu Zohri Maksimalkan Kompetisi Lokal


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga

ATLET sprinter Lalu Muhammad Zohri terpaksa gigit jari, karena gagal mengaspal di Brisbane Oceania Area Permit 2020 di Australia. Kejadian itu merupakan dampak penyebaran wabah virus korona (COVID-19).

Padahal, kejuaraan di Australia merupakan ajang pengganti untuk ketiga kalinya bagi Zohri. Sebelumnya, dia gagal tampil pada perlombaan yang berlokasi di Tiongkok, yakni Kejuaraan Atletik Asia Indoor 2020 dan Kejuaraan Atletik Dunia Indoor 2020.

Dengan pembatalan tersebut, Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) akan memfokuskan atlet berjuluk Bocah Ajaib dari Lombok, untuk mengikuti kompetisi lokal.

Baca juga: Sapwa dan Emilia Diharap Susul Zohri Berlaga di Olimpiade 2020

"Sebetulnya sangat disayangkan. Soalnya sudah persiapan juga untuk ke Australia. Kita ingin tahu hasil latihan ia selama ini seperti apa," ujar pelatih sprinter PB PASI, Eni Nuraini, saat dihubungi, Minggu (8/3).

Pihaknya akan melakukan tes sendiri untuk Zohri dan turun di kejuaraan dalam negeri, yakni Jawa Timur (Jatim) Terbuka pada 17 April. Eni mengakui ketiadaan latih tanding skala internasional turut memengaruhi performa Zohri.

Apalagi, Zohri kini masih berstatus pelari tercepat di Indonesia. Sehingga, bisa dikatakan belum ada lawan seimbang saat mentas di Jatim Terbuka. Namun, Eni membuat kesepakatan dengan Zohri untuk tampil maksimal dan mengejar limit yang diberikan, bukan hanya kemenangan semata.

Baca juga: Liburan di Kampung Halaman, Zohri Sibuk Memancing

Selama latihan di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta, Zohri telah melakukan uji coba bersama sprinter lainnya dan mencatat waktu 10.50 detik. Eni juga telah menyiapkan pelari asal Jakarta, Wahyu Setiawan, untuk menjadi partner latihan Zohri.

"Wahyu bisa jadi lawan sengit. Kemarin dia latihan sudah bisa mepet-mepet. Jadi kini Zohri juga ada saingan, meski saingannya senior," pungkas Eni.

Terkait penyebaran korona di Indonesia, Eni meminta Zohri dan atlet lainnya untuk menghindari tempat keramaian. Dia juga mengimbau anak asuhnya menjaga kebersihan dan mengonsumsi makanan sehat.(OL-11)

 

 

 

BERITA TERKAIT