08 March 2020, 15:44 WIB

Hasil Pemeriksaan Penumpang dan Kru Viking Sun Negatif Korona


Arnoldus Dhae | Nusantara

PEMERIKSAAN terhadap 1.200 orang penumpang dan kru kapal pesiar Viking Sun selesai pada Sabtu (7/3) malam. Penumpang dan kru diperbolehkan turun di Bali melalui Pelabuhan Benoa.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denpasar, Lucky Tjahyono, menjelaskan pemeriksaan tidak hanya menyasar penumpang dan kru, melainkan juga kondisi kapal. Beberapa dokumen yang diperiksa mencakup riwayat epidemiologi dan perjalanan kapal sebelum ke Indonesia. Hal ini berkaitan dengan langkah antisipasi terhadap wabah virus korona (COVID-19).

"Apakah mereka melewati atau singgah di negara yang tertular wabah korona. Kemudian riwayat klinis dari semua penumpang. Catatan harian dokter kapal terhadap seluruh penumpang diperiksa secara lengkap. Untungnya dokter yang ada di kapal itu sangat kooperatif," ujar Lucky di Denpasar, Bali, Minggu (8/3).

Baca juga: Berlabuh di Semarang, Viking Sun Dilarang Turunkan Penumpang

Selain dokumen kapal dan penumpang, petugas juga melakukan pemeriksaan suhu tubuh setiap orang yang ada di kapal. Kapal memang belum diizinkan bersandar oleh otoritas Pelabuhan Benoa. Namun, hanya berlabuh di perairan Benoa sekitar 2-3 mil dari pelabuhan.

Petugas dari KKP dan tim medis naik ke kapal dengan dilengkapi alat pelindung diri. Saat tiba di dalam kapal, seluruh tim medis dan KKP diperiksa oleh tim dokter kapal. Setelahnya, petugas dari KKP dan tim medis memeriksa suhu tubuh penumpang dan kru kapal.

Pemeriksaan dilakukan dalam satu jalur sekaligus, sehingga prosesnya tergolong cepat, hanya beberapa jam. "Hasil pemeriksaan menunjukkan semuanya negatif. Tidak ada satu pun penumpang yang terindikasi sakit atau suhu tinggi," papar Lucky.

Baca juga: Kapal Viking Sun Di Perairan Bali

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Ketut Suarjaya, mengatakan hasil pemeriksaan kemudian dilaporkan kepada otoritas pelabuhan. Setelahnya, penumpang dan kru kapal dapat turun ke darat.

"Untuk pemeriksaan suhu tubuh, petugas menggunakan thermo gun untuk mempercepat proses pemeriksaan. Akhirnya, pemeriksaan dilakukan dengan cepat untuk mempermudah menemukan hasil," ujar Ketut.

Petugas melaporkan kepada otoritas pelabuhan dengan menunjukkan health alert card, bahwa penumpang dan kru kapal dinyatakan sehat.(OL-11)

BERITA TERKAIT