09 March 2020, 07:05 WIB

Untuk Hindari COVID-19, Lebih Baik Tisu atau Pengering Tangan?


Melalusa Susthira K | Weekend

UNTUK mengeringkan tangan, banyak orang yang mungkin memilih mesin pengering tangan otomatis karena tidak memerlukan sentuhan. Namun para ahli kesehatan justru mengatakan bahwa tisu kertas merupakan cara terbaik dalam mencegah penyebaran kuman.

Tidak hanya sekedar menghilangkan kelembaban dari tangan, namun menggunakan tisu kertas juga melibatkan gesekan yang selanjutnya dapat mengurangi beban mikroba dan transmisi mikroorganisme ke lingkungan. Transmisi mikroba sendiri lebih mungkin terjadi dalam kondisi kulit basah ketimbang kulit kering.

Melansir Medical Xpress, tisu kertas sekali pakai menawarkan cara pengeringan tangan yang paling higienis dibandingkan lewat mesin pengering tangan dan handuk kain — terutama di rumah sakit. Adapun mesin pengering tangan otomatis atau udara hangat di toilet memang tidak dianjurkan untuk digunakan di rumah sakit ataupun klinik karena alasan kebersihan. Jenis pengering tangan tersebut dapat meningkatkan perpindahan partikel dan mikroorganisme ke udara. Sedangkan, handuk kain juga tidak direkomendasikan karena dapat menjadi sumber transfer patogen dalam membersihkan tangan.

Untuk itu, penggunaan tisu kertas tak hanya menjadi pilihan yang direkomendasikan dan lebih diminati di rumah sakit karena kontaminasi dan infeksi silang lebih tinggi terjadi pada lingkungan tersebut. Namun melihat dari kebijakan pemerintah, penggunaan tisu kertas sekali pun memang diakui sebagai cara tercepat dan paling efektif untuk menghilangkan sisa kelembaban yang memungkinkan transmisi mikroorganisme.

Meski tinjauan tersebut menyoroti perihal dampak pengeringan tangan pada bakteri, bukan virus, namun hal tersebut kiranya relevan ketika imbauan yang diberikan WHO ialah menyangkut pentingnya mencuci tangan secara rutin. Sehingga, pengeringan tangan yang tepat dan efektif merupakan bagian integral dari tahapan membersihkan tangan baik saat berada di rumah sakit, ruangan operasi, ataupun di kantor. (M-1)

BERITA TERKAIT