07 March 2020, 19:04 WIB

Tim Dayung Harap Pemerintah Bantu Bersihkan Waduk Cipule


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga

PERSIAPAN TIM Dayung Indonesia menghadapi kualifikasi Olimpiade 2020 Tokyo sedang terkendala. Banyaknya tumbuhan air seperti eceng gondok memenuhi lokasi latihan tim di Waduk Cipule, Karawang, Jawa Barat.

Tumbuhan air itu dianggap mengganggu proses latihan dan merusak perahu yang mereka gunakan untuk latihan sehari-hari.

Padahal sebelumnya, Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) memindahkan atletnya ke Waduk Cipule karena waduk Jatiluhur juga terkendala tanaman air.

Meski telah pindah lokasi latihan, nyatanya tanaman air masih menghantui Memo dkk saat berlatih untuk menghadapi kualifikasi Olimpiade Tokyo pada April 2020.

Wakil Ketua Umum PB PODSI, Budiman Setiawan, mengaku telah membawa petugas untuk membersihkan waduk dari tumbuhan air. Namun, itu saja tidak cukup. Ia berharap pemerintah daerah Cipule maupun Jati Luhur ikut membantu membersihkan waduk dari tanaman air dan eceng gondok.

Pihak pemerintah sejatinya pernah membantu PB PODSI untuk membersihkan tanaman air tapi akhirnya kewalahan. “Tahun lalu pas pelatnas SEA Games 2019 Filipina dan pra-PON kita dibantu Perusahaan Umum (Perum) Jasa Tirta 2, mereka sudah bersihin dan bantu kita juga,” tutur Budiman kepada Media Indonesia.

“Kalau di Jatiluhur itu eceng gondok datang dari bendungan Cirata, sampai perahu tak bisa lewat. Makanya kita minta bantuan,” tambahnya.

Rencananya, tim kano Indonesia akan menjalani kualifikasi Olimpiade di Thailand pada minggu ketiga Maret 2020. Sementara dayung akan melakoni kejuaraan pada bulan berikutnya. (Ykb/OL-10)

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT