07 March 2020, 18:22 WIB

Kapal Phinisi Aku Lembata Siap Hubungan 3 Daerah Wisata


Alexander P. Taum | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, kini memiliki sebuah Kapal phinisi dengan nama Aku Lembata. Kapal yang dikerjakan oleh CV Fajar Indah itu memiliki 7 layar. 

Kapal itu dibeli oleh Pemerintah Kabupaten Lembata dan akan  dioperasikan untuk membangun jaring pariwisata yang menghubungkan, Labuan Bajo, Sumba, dan Pulau Timor.

"Ini untuk mempercepat inovasi. Tahun depan kita usul ke Menteri untuk manambah lagi dua unit kapal phinisi. Ini jadi contoh, bahwa kabupaten Lembata satu-satunya Kabupaten di NTT yang sudah punya kapal phinisi untuk inovasi interkoneksi, seperti yang disebut Gubernur NTT, dalam masyarakat ekonomi NTT," ujar Bupati Eliazer Yentji Sunur, Sabtu (7/3) saat meninjau kapal phinisi yang tiba di pelabuhan laut Lewoleba.

Putra Jak Nuh, Pelaksana CV. Payaraya Maros yang mengerjakan kapal phinisi ini menjelaskan kapal yang dikerjakan itu berstandar kapal
pesiar. "Ini standar operasional kapal pesiar. Kapal bisa mengangkut 20 orang penumpang, dilengkapi 4 kamar tamu yang bisa menampung 10 orang, satu  kamar VIP untuk satu keluarga, 2 kamar kru. Kita tambahkan kamar meeting," ujar Putra Jack Nuh.

Kapal ini memang belum bisa langsung digunakan karena masih dalam tahap akhir dan membutuhkan waktu tambahan sekitar dua bulan ke depan. (OL-12)

BERITA TERKAIT