07 March 2020, 18:10 WIB

Virus Korona, Sabang Marine Festival Ditunda


Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara

KEKHAWATIRAN terhadap terinfeksi virus korona cukup  terasa di Indonesia. Hal itu tidak kurang di wilayah Provinsi Aceh yang memiliki perairaran laut jalur Internasional Selat Malaka.

Pemerintah Kota Sabang misalnya, harus menunda kegiatan Sabang Marine Festival (SMF) 2020. Kegiatan tahunan yang diselenggarakan berkat kerja sama Pemerintah Kota Sabang dan BPKS itu sebelumnya dijadwalkan pada 15 hingga 19 Maret, kini harus ditunda sekitar September 2020 mendatang.

Deputi Komersial dan Investasi, Agus Salim, Sabtu (7/3) mengatakan, penundaan itu dilakukan atas kesepakan Pemerintah Kota Sabang dan masyarakat setempat. Penyebabnya antara lain adalah ada peserta berasal dari empat negara yang terjangkit virus korona.

Kalaupun harus dilaksanakan sebaggaimana jadwal semula, maka karantinanya harus diperketat. Untuk karantina saja membutuhkan waktu 14 hari. Kalau tidak demikian mereka harus pertahan di kapal atau tidak diperkenankan mendarat. "Semestinya SMF 2020 menghabiskan waktu 90 hari perjalanan. Mulai dari Sabang sebagai entry point mengunjungi 14 daerah lainnya dan berakhir di Natuna," tutur Agus Salim. (OL-12)

BERITA TERKAIT