07 March 2020, 16:19 WIB

Waspada Korona, Anies Minta Gereja Tetap Sediakan Air Suci


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan Surat Edaran No.140/3.5.1.2/2020 tentang Kewaspadaan terhadap Wabah Corona Virus (COVID-19) untuk Umat Keuskupan Agung Jakarta dan Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia untuk pencegahan penyebaran COVID-19.

Dalam surat edaran itu, Anies mengimbau warga yang menjalankan ibadah di gereja dan Klenteng.

Baca juga: DPRD Nilai Anies Telat Antisipasi Melambungnya Harga Masker

"Kepada pengurus gereja dan klenteng se-Jakarta, harap perhatikan langkah-langkah kewaspadaan berikut agar umat Kristiani dan Konghucu tetap dapat beribadah dengan tenang," jelas Anies dalam akun twitternya @aniesbaswedan, Jakarta, Sabtu (7/3).

Dalam imbauannya itu, Anies mengatakan di gereja tetap menyediakan air suci di pintu masuk. Lalu merawat kebersihan tangan masing-masing dengan membawa hand sanitizer. Warga yang beribadah boleh memilih melakukan atau tidak ritual salam damai dengan bersalaman.

Baca juga: Melonjaknya Harga Masker Harus Jadi Pelajaran bagi Pemprov DKI

Kemudian, warga dipersilakan membawa dan menggunakan salib sendiri saat upacara penghormatan salib Jumat Agung.

Disarankan untuk tinggal di rumah dan berobat ke dokter bagi yang menderita sakit pada saluran napas.

Baca juga: Riza Patria Puji Gaya Kepemimpinan Ahok

Lalu seruan kebajikan Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia dalam mencegah penularan COVID-19 ialah memakai masker saat flu dan berada di tempat keramaian. Warga diminta untuk menutup hidung dan mulut ketika bersin.

Imbauan lainnya ialah menjalankan tugas dan kewajiban seperti biasa dan tidak panik atau takut berlebihan. Menghindari kontak langsung dengan orang yg sedang sakit dengan gejala COVID-19 tanpa pelindung memadai.

Mengurangi kegiatan yang tidak mendesak dan segera konsultasi ke dokter atau rumah sakit jika diri atau lingkungan ada yang mengalami gejala terjangkit COVID-19. (X-15)

BERITA TERKAIT