07 March 2020, 10:30 WIB

Arab Saudi Tangkap Adik Raja dan Eks Putra Mahkota


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

TIGA anggota senior keluarga kerajaan Arab Saudi, termasuk saudara raja, telah ditangkap dan ditahan karena alasan yang tidak bisa dijelaskan. Hal itu dilaporkan media Amerika Serikat.

Dua dari pria yang ditahan termasuk di antara tokoh kerajaan yang paling berpengaruh.

Penahanan itu dikaitkan dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Pada 2017, puluhan tokoh kerajaan Saudi, menteri dan pengusaha dikurung di hotel Ritz-Carlton di Riyadh setelah putra mahkota memerintahkan penangkapan mereka.

Mohammed bin Salman dianggap sebagai penguasa kerajaan secara de facto, setelah ia dinobatkan sebagai putra mahkota oleh ayahnya, Raja Salman, pada 2016.

Baca juga: Antisipasi Korona, Saudi Tutup Jalur Tawaf dan Sai

Penahanan tiga anggota kerajaan terjadi pada Jumat (6/3) pagi, lapor New York Times dan Wall Street Journal.

Tiga orang yang ditangkap adalah adik raja, Pangeran Ahmed bin Abdulaziz, mantan putra mahkota Mohammed bin Nayef, dan sepupu kerajaan Pangeran Nawaf bin Nayef.

Mohammed bin Nayef adalah menteri dalam negeri sampai dia diberhentikan dari perannya dan ditempatkan di bawah tahanan rumah oleh Mohammed Bin Salman pada 2017.

Para pengawal tiba di rumah para bangsawan itu mengenakan penutup wajah dan berpakaian hitam. Mereka menggeledah rumah mereka, kata Wall Street Journal.

Mohammed bin Salman memenangi pujian internasional pada 2016 ketika ia menjanjikan serangkaian reformasi ekonomi dan sosial ke negara monarki itu.

Namun, dia telah terlibat dalam serangkaian skandal termasuk pembunuhan jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi, di kedutaan Arab Saudi di Istanbul pada 2018. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT