07 March 2020, 05:40 WIB

Momentum si Merah Kembalikan Keyakinan


Yakub Pryatama W | Sepak Bola

KALAH di dua laga terakhir, dibekap Watford 0-3 di Liga Primer dan 0-2 dari Chelsea di Piala FA, menjadi tamparan keras bagi Liverpool. ‘Si Merah’, julukan Liver­pool, harus kembali ke jalur kemenangan untuk mengembalikan kepercayaan diri.

Peluang tersebut terbuka lebar saat Liverpool menjamu Bournemouth dalam lanjut­an Liga Primer, malam ini. Bermain di kandang, Stadion Anfeild, kemenangan jadi hal wajib bagi Liverpool.

Di atas kertas, Liverpool tidak akan sulit mengatasi Bournemouth, klub yang kini menduduki peringkat ke-18. Namun, kekalahan memalukan dari Watford yang juga menghuni papan bawah klasemen, menjadi pelajaran berharga.

Terlebih, Bournemouth yang dibesut Eddie Howe sedang dalam kondisi bagus seusai menahan imbang Chelsea di Vitality Stadium, pekan silam.

Namun, Liverpool tetap­lah Liverpool. Meski tengah dirundung aura negatif, ‘Si Merah’ akan mampu kembali meraih hasil terbaik. Trio lini depan Mohamed Salah, Roberto Firmino, serta Sadio Mane diyakini akan mengamuk untuk membuat gol setelah puasa gol di dua laga terakhir.  

Namun, Klopp memiliki masalah dengan bakal absennya Jordan Henderson yang masih cedera. Absennya gelandang yang menyandang ban kapten tersebut, dinilai jadi salah satu penyebab kalahnya Liverpool di dua penampilan terakhir.

Absennya Henderson akan dimanfaatkan Bourmemouth untuk menembus pertahanan Liverpool. “Henderson merupakan pemain yang berbahaya dan mampu mengubah permainan yang dibutuhkan oleh setiap tim,” ungkap Howe.

Di laga lain, kemenangan juga menjadi harga mati bagi Arsenal saat menjamu West Ham di Stadion Emirates. Pasukan Mikel Arteta saat ini harus lebih fokus di liga agar bisa menembus liga Eropa musim depan. Pasalnya, the Gunners masih tertahan di posisi 10 klasemen sementara dengan raihan 37 poin.

“Kami harus mengalahkan West Ham untuk lebih dekat dengan zona Eropa. Dalam beberapa pekan lalu, hal itu seperti mustahil, tapi saya ­yakin kami bisa mencapai enam besar,” kata pelatih Arsenal Mikel Arteta.

Wajib menang

Kemenangan juga menjadi keharusan bagi Barcelona dalam lanjutan La Liga. Tiga angka dari Real Sociedad di Camp Nou, dini hari nanti, akan menjaga peluang Blaug­rana kembali ke puncak klasemen menggeser Real Madrid.

Kekalahan 0-2 dari Real Madrid di laga El Clasico, awal pekan ini, membuat Barcelona turun ke posisi dua. Dengan poin 55, Barcelona tertinggal satu poin dari musuh bebuyutan­nya yang berada di posisi teratas.

Untuk meraih poin maksimal atas Sociedad yang belum pernah menang di Nou Camp dalam 29 tahun terakhir, Barcelona berharap Lionel Messi bisa menemukan kembali ketajamannya. Dalam tujuh laga terakhir, enam laga dilalui Messi tanpa mampu mencetak gol.

“Saya tidak peduli Messi tidak mencetak gol. Jika dia mencetak gol itu lebih baik. Jika tidak, itu tidak mengganggu saya. Itu bisa terjadi pada siapa pun,” ungkap pelatih Barcelona Quique Se­tien. (AFP/Skysports/R-1)

BERITA TERKAIT