06 March 2020, 21:43 WIB

Keris Pangeran Diponegoro akan Dipamerkan di Museum Nasional


Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora

KEPALA Museum Nasional Indonesia Siswanto membenarkan kabar bahwa Keris Pangeran Diponegoro yang baru saja dikembalikan oleh Belanda kepada Indonesia nantinya akan diletakkan di Museum Nasional Indonesia.

"Iya, bahkan kita sudah rancang untuk pameran, tapi waktunya kapan nunggu perintah," kata Siswanto saat ditemui di Museum Nasional, Jumat (6/3).

Siswanto mengungkapkan, Keris itu nantinya juga akan dipamerkan bersama 1.500 benda budaya atau artefak Indonesia yang sebelumnya juga dikembalikan oleh Belanda.

"Itu bentuk tanggung jawab kami pada masyarakat. Sementara akan kami pamerkan dengan mengurasi terlebih dahulu. Tidak mungkin 1500 kita pamerkan, kurator akan mengambil tema-tema tertentu kemudian dipamerkan biar pengunjung yang menikmati puas," terangnya.

Siswanto menambahkan, pemulangan benda-benda bersejarah ini memang sudah menjadi persetujuan dari kedua negara yang dirintis sejak beberapa tahun yang lalu.

"Dulu artinya koleksi kita berada di sana kemudian ada upaya untuk mengembalikan ke sini. Dan itu sudah dirintis sejak berapa tahun yang lalu, jadi sekarang realisasi bagaimana teknis pemulangan aja," tandasnya.(OL-4)

BERITA TERKAIT