06 March 2020, 20:10 WIB

Wabah Korona, Cabor Diminta Selektif Ikut Kejuaraan Internasional


Akmal Fauzi | Olahraga

KEMENTERIAN Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengimbau induk olahraga bisa menjadwal ulang kejuaraan yang akan diikuti di luar negeri. Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi karena mewabahnya virus korona baru (Covid-19)

"Sejak adanya virus korona kita telah memberikan informasi kepada induk cabang olahraga untuk mengatur dan mempertimbangkan kembali bagi atlet dan cabor yang akan mengikuti kualifikasi dam try out ke luar negeri," kata Plt. Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Chandra Bhakti dalam acara Sosialisasi Vaksinasi bagi Atlet dan Ofisial dalam Rangka Event Nasional dan Internasional di Function Hall Gedung FX Mall, Jakarta, Jumat (6/3).

Namun, lanjut Chandra, keputusan akhirnya diserahkan kepada cabang olahraga. Kemenpora hanya mengimbau, sementara keputusan akhir ada di tangan pengurus cabang olahraga itu sendiri.

Baca juga : 31 Atlet Berpotensi Unjuk Gigi di Olimpiade Tokyo

Chandra mengatakan, para atlet maupun ofisial tidak perlu terlalu mengkhawatirkan Covid-19. Dia menekankan hal yang dilakukan adalah antisipasi dengan menjaga imunitas tubuh dan kebersihan.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari menekankan tentang kewaspadaan atlet terkait Covid-19 karena keselamatan dan kesehatan atlet menjadi prioritas.

“Kami tidak perlu terlalu ketakutan, waspada perlu, karena saat ini para atlet dalam kondisi prima,” jelasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT