06 March 2020, 19:41 WIB

Antisipasi Wabah Korona Pemprov Jambi Siapkan Ratusan Ribu Masker


Solmi | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi Jambi telah menyediakan sebanyak 700 ribuan lebih masker untuk mengantisipasi penyebaran virus korona (covid-19). Masker tersebut akan dibagikan gratis kepada warga dan paramedis yang membutuhkan.

Juru Bicara Gubernur Jambi Johansyah menyampaikan jumlah masker yang tersedia terdiri dari 700 ribu masker bedah (masker ikat), dan sebanyak 7.800 masker N-95.

Lantaran kelangkaan masker di pasaran, Johansyah mengatakan, pendistribusian akan dilakukan secara selektif. Diutamakan kepada warga yang sakit dan pelayan kesehatan.

"Karena masker susah didapat,  jadi kita akan benar benar selektif untuk membagikannya," tegas Johansyah.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kota Jambi masih tersedia stok masker sisa pengadaan 2019 yang masih ada di gudang penyimpanan sebanyak 1.755 box.

Menurut Kadinkes Kota Jambi Ida Yuliati, masker mulut tersebut pada keadaan membutuhkan nanti prioritaskan diperuntukkan untuk warga yang sakit dan pelayan kesehatan.

Sementara itu, dari laporan masyarakat dan inspeksi aparat jajaran Polda Jambi, masker antivirus, termasuk cairan antiseptic tidak tersedia di apotek-apotek dan toko obat di Kota Jambi maupun di daerah kabupaten.

Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Santhyabudi mengingatkan, jika kekosongan tersebut ditemukan akibat ulah spekulan yang menimbun masker untuk mencari keuntungan besar, akan diberikan tindakan hukum yang tegas. (OL-13)

BERITA TERKAIT