06 March 2020, 18:55 WIB

Karyawan Diingatkan Jaga Kebersihan Lingkungan Kerja


Ferdian Ananda Majni | Humaniora

KEPALA Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengajak seluruh pegawai dan keluarga besar di lingkungan BNPB untuk menerapkan pola hidup sehat dan menjaga imunitas sebagai upaya pencegahan dari penularan virus korona dan kuman serta bakteri jahat lain yang berbahaya bagi manusia.

Doni mengatakan, penerapan pola hidup sehat tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari berolahraga setiap hari, makan makanan yang bergizi, mencuci tangan dengan sabun.

Baca juga: Setop Berpolemik! Polisi Diperbolehkan Jual Masker Sitaan

"Rutin menjaga kebersihan lingkungan kerja, menggunakan masker jika kurang sehat, bekerja secara efektif dan efisien, dan istirahat yang cukup," kata Doni, Jumat (6/3).

Selain pola hidup sehat, Doni juga mengingatkan bahwa imunitas tubuh tidak hanya berasal dari fisik yang kuat namun juga dipengaruhi dari faktor pikiran. Oleh karena itu para pegawai dan karyawan diharapkan dapat mengurangi beban pikiran dengan cara meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan olahraga bersama atau melakukan hobi pada waktu luang.

"Kurangi beban pikiran dengan berolahraga pagi dan makan makanan yang bergizi seperti ini setiap hari," sebutnya.

Saat ini, kantor Graha BNPB telah menerapkan beberapa hal yang berkaitan dengan mitigasi penularan virus korona dengan cara mewajibkan pegawai dan karyawan serta tamu untuk memeriksakan suhu tubuh menggunakan alat pengukur suhu tubuh sebelum memasuki ruangan kantor.

Pihak Biro Umum bagian Rumah Tangga juga telah menyediakan cairan pembunuh virus, kuman dan bakteri yang ditempatkan di beberapa titik.

Baca juga: Dai di Aceh Diminta Sampaikan Covid-19 Proporsional

Petugas kebersihan diwajibkan untuk membersihkan seluruh fasilitas gedung, mulai dari lift, pintu, toliet dan bagian-bagian tertentu secara berkala.

Kemudian, setiap pegawai juga diberikan masing-masing 5 lembar masker untuk menghindari penularan virus melalui udara. BNPB juga menyediakan poli kesehatan khusus yang berada di lantai 2 dan menyiagakan ambulance yang terintegrasi dengan rumah sakit terdekat di Jakarta. (OL-6)

BERITA TERKAIT