06 March 2020, 18:26 WIB

Keren Bener! Anies Baswedan All Out Dapatkan Satu Juta Masker


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan telah berupaya keras mendapatkan stok satu juta masker. Pihaknya melihat adanya peningkatan harga yang tidak masuk akal sehingga Pasar Jaya melakukan operasi pasar.

"Intinya warga bisa mendapatkan dengan harga terjangkau dan sesuai kebutuhan. Kami kerja all out untuk bisa mendapatkan satu juta masker," kata Anies di Jakarta, Jumat (6/3).

PD Pasar Jaya telah mengumumkan bahwa harga satu boks masker menjadi Rp125 ribu atau satu lembarnya seharga Rp2.500 di Pasar Pramuka.

Baca juga: Setop Berpolemik! Polisi Diperbolehkan Jual Masker Sitaan

Sedangkan harga masker yang dijual di gerai milik Pasar Jaya lainnya ialah Rp1.950 per lembar dengan pembelian masker dibatasi hanya 2 lembar masker saja. Sebelumnya, Pasar Jaya menyebut bakal menjual satu boks masker seharga Rp300 ribu. Namun hal itu diurungkan.

"Insya Allah nanti kita akan jaga terus pasokannya. Ini memang dibatasi untuk warga Jakarta, karena itu harus ber-KTP Jakarta. Dan mudah-mudahan dengan cara seperti ini harga bisa kembali normal," ucap Anies.

Anies mengaku memang sebelumnya, pihaknya susah mendapatkan stok masker. Hal ini lantaran bahan baku master tersebut berasal dari Tiongkok.

Baca juga:Pasien Meninggal di RSPI, Dirujuk dengan Menggunakan Ventilator

"Nah, memang susah. Pemerintah yang kemudian menyiapkan ini semua. Tapi kita sengaja lakukan dengan mekanisme pasar. Ada tim dari Pasar Jaya yang memastikan bahwa bisa dapat sumbernya (produsen masker)," jelas Anies.

Menurut Anies, stok masker saat ini berada 87 lokasi gerai Pasar Jaya dan ketersediaan masker tidak hanya menumpuk di Pasar Pramuka semata. (Ins/A-3)

BERITA TERKAIT