06 March 2020, 18:21 WIB

Kronologi Penulusuran Dua Pasien Baru Covid-19


Akhmad Mustain | Humaniora

JURU Bicara Pemerintah terkait Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto Pasien yang positif tertular virus corona (COVID-19) bertambah. Pada hari ini, Pemerintah mengumumkan 2 orang positif terjangkit virus corona sehingga total ada 4 orang positif virus corona di Indonesia.

Berikut kronologi penelusuran oleh pemerintah hingga mendapatkan pasien kasus 3 dan kasus 4 seperti yang dihimpun oleh News Research Centre Media Group.

Pemerintah melakukan penelusuran dari 2 pasien positif pertama diketahui ada 80 orang yang sempat melakukan kontak yakni terdiri dari tamu, pegawai. Termasuk orang-orang di sekitar itu yang memungkinkan terjadinya kontak, misalnya tukang parkir.

Dari 80 orang tersebut, Dinas Kesehatan DKI bersama dengan Kepolisian melakukan penelusuran dan mengerucut jadi 20 orang. Dari 20 ini bisa dikerucutkan jadi 7 dan inilah kemudian dibawa ke RSPI Sulianti Saroso.

Baca juga: Bertambah, WNI Positif Korona Jadi 4 Orang

Ketujuh orang tersebut mengalami gejala fisik influenza ringan dan sedang. Pemeriksaan lanjutan kepada 7 orang tersebut, ternyata 2 orang terkonfirmasi positif terjangkit virus corona disebut dengan kasus 3 (usia 33 tahun) dan kasus 4 (usia 34 tahun).

Sebelumnya pemerintah mengumumkan dua kasus positif COVID-19 di Indonesia. Kasus COVID-19 pertama dan kedua di Indonesia dilaporkan terjadi pada seorang ibu berusia 64 tahun dan anaknya yang berusia 31 tahun di Depok.

Dua warga Indonesia yang sebelumnya dinyatakan positif terinfeksi virus coronaitu kini menjalani perawatan di Rumah Sakit Sulianti Saroso, Jakarta Utara.(OL-4)

BERITA TERKAIT