06 March 2020, 17:54 WIB

Mayoritas Pasien Terinfeksi Covid-19 Punya Penyakit Penyerta


Ihfa Firdausya | Humaniora

AHLI Paru dari Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara, dr. Hadisono, Sp.P mengungkapkan bahwa mayoritas orang yang terinfeksi Covid-19 memiliki penyakit lain yang menyertainya. Mulai dari diabetes, hipertensi, hingga kanker.

Dalam pemaparannya pada seminar sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 di Gedung Universitas Tarumanagara, dr. Hadisono memperlihatkan karakteristik klinis pasien Covid-19 di Wuhan, Tiongkok, tempat virus tersebut berasal.

Baca juga: Dorong RUU PKS Jadi UU, NasDem Lakukan Komunikasi Lintas Komisi

"Ada sampel 1.909 pasien, diambil dari 552 rumah sakit di Tiongkok. Kebanyakan di antara mereka yang terkena infeksi memiliki penyakit komorbid (penyerta). Jadi yang muda-muda yang tidak ada penyakit, imunitasnya baik, jangan khawatir," ungkapnya, Jumat (6/3).

"Apa saja? Ada PPOK yakni penyakit paru pada orang tua. Kemudian ada diabetes, hipertensi, penyakit jantung koroner, infeksi hepatitis, kanker, dan lain-lain," imbuhnya.

Sementara itu, lanjutnya, diabetes dan hipertensi merupakan dua penyakit penyerta terbanyak yang membuat seseorang terinfeksi Covid-19.

"Bagi yang punya diabetes dan hipertensi segera memeriksakan diri, pastikan terkontrol. Selama ini terkontrol dan imunitas baik, jangan khawatir," jelasnya.

dr. Hadisono juga mengingatkan bahwa tingkat kematian akibat Covid-19 ini terbilang rendah. Tingkat kematian akibat Covid-19 sendiri sebesar 3,2%, sedangkan MERS sebesar 34%, dan SARS 10%.

Baca juga: NU dan Muhammadiyah Dukung RUU PKS dengan Catatan

"Artinya dia sangat rendah. Yang bikin orang panik adalah jari-jari kita yang menshare hoaksnya lebih banyak dari fakta," kata dr. Hadisono.

"Coba kirim share faktanya jadi orang tenang sehingga tidak terjadi beli ini itu, menyetok masker, tidak perlu. Tidak perlu sampai seperti itu karena kalau kita tahu faktanya justru lebih ringan," pungkasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT