06 March 2020, 17:37 WIB

Pasien Meninggal di RSPI, Dirujuk dengan Menggunakan Ventilator


Ferdian Ananda Majni | Megapolitan

DIRUT RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril mengatakan, seorang pasien suspect Covid-19 yang dirawat di RSPI Sulianti Saroso meninggal dunia. Menurut dia, pasien tiba dalam kondisi kesehatan memburuk dengan mengunakan ventilator saat dirujuk dari sebuah RS swasta.

"Ada 1 pasien meninggal dunia. Yang sudah saya sampaikan bahwa kondisinya sudah dalam kondisi mengunakan ventilator dan rujukan dari RS Swasta," kata Syahril di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Jumat (6/3).

Baca juga: Bertambah, WNI Positif Korona Jadi 4 Orang

Menurutnya, hingga kini pasien perempuan berusia 65 tahun itu tak dinyatakan positif Covid-19. Meskipun, demikian pasien tersebut akan dievaluasi lagi soal positif-tidaknya virus Corona. Hasil evaluasi akan diumumkan oleh Kemenkes.

"Dia (pasien) perjalanan penyakitnya yang sangat berat. Jadi, kita tidak memberikan (pernyataan) positif atau negatif (Covid-19) tetapi dalam evaluasi," sebutnya.

Syahril menegaskan bahwa pasien masuk ke RSPI Sulianti Saroso dua hari lalu dengan komplikasi sejumlah penyakit berat.

"Masuk sudah dalam keadaan pakai ventilator (alat bantu pernapasan). Sudah tua, hipertensi," terangnya.

Dia menambahkan, tidak hanya usia tua tetapi diusia pasien muda apabila masuk dengan kondisi ventilator tentunya dalam satu indikasi berbeda.

"Di rawat di sini dua hari, memang dalam kondisi yang tidak baik, kita tetap memberikan pelayanan yang sama bagi seluruh pasien, begitu juga yang sudah meninggal," pungkasnya. (Fer/A-3)

BERITA TERKAIT