06 March 2020, 16:09 WIB

Satu ABK Diamond Princess Diisolasi di RS Persahabatan


Dhika Kusuma Winata | Humaniora

SEORANG anak buah kapal (ABK) Diamond Princess dibawa dari Pulau Sebaru Kecil dan kini diisolasi di RS Persahabatan, Jakarta. Satu ABK tersebut dicurigai sebagai suspek korona (Covid-19).

"Satu orang itu meski fisiknya baik tapi kita curigai suspek tertular Covid-19 dan sudah diisiolasi di RS persahabatan," kata Juru Bicara Nasional Kasus Covid-19 Achmad Yurianto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (6/3).

Pemindahan dan isolasi, ucap Yurianto, dilakukan untuk menghindari potensi penularan kepada ABK lainnya yang tengah menjalani masa observasi di Pulau Sebaru Kecil. Satu orang ABK tersebut mengalami gejala batuk dan masih akan menjalani pemeriksaan lanjutan untuk memastikan status kesehatannya.

"ABK Diamond Princess jumlahnya 69 orang yang dijemput dan kemudian sekarang satu orang kita pisahkan," ujarnya.

Baca juga: Dua Lagi WNI yang Sembuh dari Korona Segera Dipulangkan

Terkait dengan observasi ABK Kapal World Dream yang kini sudah memasuki hari keenam, Yurianto mengatakan 188 orang yang dievakuasi telah menjalani pemeriksaan laboratorium. Hasilnya, seluruh kru kapal dinyatakan negatif korona.

"Sudah dilakukan pemeriksaan fisik dan laboratorium, seluruhnya sehat dan 188 ini pun negatif, tidak ada yang sakit psikologis dan fisik. Dalam waktu 14 hari observasi ini akan diperiksa lagi," tuturnya.

Yurianto menambahkan dari jumlah 188 itu, 16 kru di antaranya merupakan perempuan. Salah satu di antaranya tengah dalam kehamilan berusia tiga bulan.

"ABK wanita salah satunya hamil tiga bulan, suaminya juga di sana, kehamilannya tidak ada masalah," ucap Yurianto. (A-2)
 

BERITA TERKAIT