06 March 2020, 15:31 WIB

DKI Wajibkan Adanya Ruang Isolasi Dalam Penyelenggaraan Acara


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PEMPROV DKI akan mewajibkan setiap penyelenggara acara untuk menyediakan ruang isolasi di lokasi acara. Tujuannya agar jika ada pengunjung yang sakit dan mirip gejalanya dengan yang ditimbulkan oleh virus korona, pengunjung itu bisa segera diisolasi dan dilakukan pemeriksaan.

Prosedur itu akan segera disahkan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI. Selain ruang isolasi, setiap pengunjung juga harus melalui pemeriksaan suhu tubuh terlebih dulu.

"Iya wajib. Harus ada ruang isolasi. Ketika dia dicek demam langsung isolasi," kata Kepala Dinas Parekraf DKI Cucu Ahmad Kurnia saat dikonfirmasi, Jumat (6/3).

Baca juga: Pemprov DKI akan Sosialisasikan Virus Korona di CFD

Cucu juga menegaskan pada agenda seperti pameran masih diizinkan namun penyelenggara harus mengatur arus jumlah pengunjung di dalam lokasi agar tidak terlalu padat.

"Iya wajib mengatur flow pengunjung. Kalau pameran lebih slow tapi ya itu harus," tegasnya.

Sementara itu, Cucu menyebut kini dalam memberikan izin penyelenggaraan acara pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan DKI dan Polda Metro Jaya.

Di sisi lain, ia menegaskan setiap pengisi acara dari luar negeri yang datang ke Jakarta harus dalam kondisi sehat.

"Saya ngga ngerti prosedurnya gimana. Itu dari imigrasi. Tapi tetap ada persyaratannya klo nggak salah bawa surat sehat," tukasnya.(OL-4)

BERITA TERKAIT